Pendaftaran DPD RI Hari Ketujuh, Tujuh Orang Mendaftar Menjelang Siang

"tujuh orang ini datang secara bergantian dalam rentang waktu yang tidak cukup lama"
Pendaftaran Bakal Calon Anggota DPD RI di KPU Sumbar. (KLIKPOSITIF/Cecep Jambak)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Jelang istirahat siang, hari ketujuh pembukaan pendaftaran calon anggota DPD RI di KPU Sumbar didatangi oleh tujuh bakal calon (Balon) untuk mendaftarkan diri. Yakni, Alirman Sori, Afrizal, Zainal Akil, Irdam Imran, Yuherman, Chairul Umaya dan Mulyadi Afmar.

Pantauan KLIKPOSITIF, tujuh orang ini datang secara bergantian dalam rentang waktu yang tidak cukup lama. Alirman Sori datang sekitar pukul 08.30 WIB, disusul Afrizal pada pukul 09.25 WIB. Selanjutnya, Zainal Akil sekitar pukul 09.40 WIB dan Irdam Imran pada pukul 10.30 WIB.

Selain itu, ada Yuherman yang datang pada pukul 10.55 WIB, setelah itu pada pukul 11.30 WIB datang pula Chairul Umaya juga turut mendaftar. Terakhir, ada Mulyadi Afmar yang datang sekitar pukul 11.55 WIB.

Ketua Komisioner Divisi Teknis KPU Sumbar, Izwaryani mengatakan, jelang siang ada total tujuh bakal calon yang datang mendaftar, sehingga ditotalkan dengan kemarin berjumlah 15 orang. "Untuk DPD, ada 26 orang yang memberikan dukungan perseorangan. Empat orang dinyatakan telah memenuhi syarat," ungkap Izwaryani di sela-sela pendaftaran.

Untuk yang telah mendaftar, nantinya akan dilakukan verifikasi administrasi. Bagi yang telah memenuhi syarat akan diterbitkan di dalam bakal calon sementara, sedangkan yang belum lengkap diberikan waktu untuk melengkapi pada masa perbaikan.

"Yang sudah lengkap selanjutnya diumumkan untuk ditanggapi masyarakat. Kalau ada tanggapan masyarakat, kita akan klarifikasi, kalau tidak ada akan ditetapkan menjadi daftar calon tetap. Kalau masa perbaikan persyaratan belum lengkap, maka orangnya tidak akan memenuhi syarat," tutupnya.

[Cecep Jambak]