Survei: Ini Nama-Nama Cawapres Ideal untuk Jokowi

"Nama tersebut merupakan tokoh yang diprediksi jadi Cawapres"
Joko Widodo (Politik Today)

POLITIK, KLIKPOSITIF -- Lembaga Survei Indonesia (LSI) Denny JA menggelar survei lima nama yang bakal jadi Calon Wakil Presiden yang ideal untuk Joko Widodo. Dalam survei tersebut Airlangga Hartanto mendapatkan nilai tertinggi.

Peneliti LSI Denny JA, Aji Alfarabi mengatakan, lima nama tersebut merupakan tokoh yang diprediksi jadi Cawapres. Pada survei ini, lima nama tersebut tidak dirangking, hanya pencatatan saja.

"Jadi tidak ada rangking di antara lima nama ini serta kelima nama ini mewakili lima spektrum yang berbeda dan punya keselamatan yang sama untuk dipilih oleh Pak Jokowi," katanya.

Ia menjelaskan jika untuk Cawapres ideal Jokowi agar kuat di parlemen. LSI Denny JA menguji melalui survei semua ketua umum partai politik yang berpotensi menjadi pendamping Jokowi pada Pilpres 2019 mendatang.

Dari nama-nama yang disodorkan ke publik (responden) untuk dipilih, nama Airlangga Hartarto menjadi pilihan teratas.

Tokoh yang kini menjabat sebagai Menteri Perindustrian itu meraih suara ebesar 35,70 persen. Lalu disusul oleh Muhaimin Iskandar (Cak Imin), Ketum PKB sebesar 21,5 persen, dan Ketum PPP Romahurmuzy sebesar 16,0 persen.

"Salah satu faktor yang menyebabkan Airlangga Hartarto teratas karena statusnya sebagai Ketua Umum Partai Golkar, partai pemenang kedua Pileg 2014," ungkap Aji.

Kedua, tambahnya, LSI Denny JA juga menguji sejumlah nama dari para profesional dan mereka yang dekat dengan pelaku binis. Berdasarkan hasil, Cawapres ideal Jokowi yang mengerti dan kapabel soal ekonomi.

Hasilnya nama Menteri Keuangan, Sri Mulyani, berada di urutan pertama sebagai Cawapres Jokowi paling diinginkan publik.

Menurut catatan, sebesar 32,5 persen responden memilih Sri Mulyani. Posisi kedua adalah menteri kelautan Susi Pudjiastuti 24,5 persen, dan disusul Chairul Tanjung 17,0 persen

Ketiga, LSI Denny JA menguji sejumlah nama dari perwira Polri dan TNI aktif maupun ... Baca halaman selanjutnya