Berhadiah Puluhan Juta, Ayo Ikuti Rimbo Panti ‘Pasting’ Festival I di Pasaman

Ilustrasi
Ilustrasi (Haswandi/KLIKPOSITIF)

KLIK POSITIF - Pemkab Pasaman bekerjasama dengan PT Tampuak Tangkai Alam Minangkabau  (PT TTAM) menggelar acara Rimbo Panti "Pasting" Festival I selama empat hari yang dipusatkan di objek wisata Rimbo Panti. Acara akan dimulai dari tanggal 22 sampai 25 Juni 2016 dengan menyediakan total uang tunai sebesar Rp 58.950.000. ‎

Ada beberapa perlombaan dalam festival ini, diantaranya hafiz Alquran (peserta umur 5 sampai 10 tahun), festival bedug dan takbir (peserta siswa SLTP dan SLTA), bintang qasidah (untuk siswa SLTP, SLTA dan umum) lomba rebana (peserta utusan dari kecamatan sebanyak dua group), omba busana muslim (untuk murid PAUD, TK, SD, SLTA dan SLTA), festival Balamang dan makanan tradisional (utusan dari bundo kandung dari nagari di Pasaman) dan festival Jerami yang pesertanya dari umum.

“Pada kegiatan festival balamang dan makanan tradisional ini nanti ‎panitia menyediakan seluruh perlengkapan dan bahan memasaknya. Kemudian hasil masakannya diberikan kepada pengunjung dan musafir yang melewati objek wisata Rimbo Panti,” ujar Komisari PT TTAM, H. Hidayat, Sabtu 11 Juni 2016.

Baca Juga

Hidayat mengatakan, kegiatan ini dilakukan dalam rangka terciptanya kondisi dan aktifitas bagi pelajar dan masyarakat selama bulan suci ramadan 1437 H sebagai bulan ibadah, sehingga nuansa Islami ditengah masyarakat dapat terwujud.

Kabid Pariwisata Dinas Pemuda Olahraga Pariwisata dan Budaya Kabupaten Pasaman, Herlinda menambahkan, kegiatan yang berkelas internasional ini akan dilaksanakan setiap hari pada pukul 14.00 WIB hingga pukul 18.00 WIB, kecuali festival Jerami.

“Festival Jerami pesertanya dari umum, baik masing-masing Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) kabupaten‎/kota di Sumbar maupun dari luar negeri. Sebab, dari luar negeri sudah ada yang konfirmasi kepada panitia menyatakan keikutsertaannya,” ujar Herlinda.

Ia melanjutkan, dalam festival jerami ini bagi pemenangnya diberikan tropi dari Kementerian Kehutana‎n, Kementerian Pariwisata, tropi Gubernur Sumbar, BKSDA Sumbar, dan Bupati Pasaman. Kemudian bagi pemenang disediakan hadiah uang tunai dengan total Rp Rp20 juta. 

"Kategori lombanya membuat hewan, binatang dengan tinggi 2 meter maksimal 10 meter, kemudian rumah rimba dengan ukuran 4 x 6 meter, " sebutnya.

Ia berharap, kegiatan ini mendapat dukungan sepenuhnya dari masyarakat Pasaman, sebab kegiatan ini murni untuk menghibur masyarakat Pasaman dengan kegiatan yang positif. (Man St Pambangun)

Penulis: Iwan R | Editor: -