Skandal Cambridge Analytica, Data Pengguna Facebook Indonesia Aman

"dugaan awal soal 1 juta pengguna Facebook Indonesia dicuri datanya oleh CA tidak terbukti"
ilustrasi (net)

KLIKPOSITIF-Hasil investigasi awal Facebook dalam skandal Cambridge Analytica (CA) asal Inggris menunjukkan tidak ada data pengguna Indonesia yang bocor dalam peristiwa tersebut. Informasi itu diperoleh Kominfo setelah menerima surat Facebook.

"Dalam investigasi awal yang sedang dilakukan, tidak ada satu pun namanya data Indonesia yang tersedot oleh CA," kata Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Aptika) Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan.

Samuel menjelaskan korban CA yang saat ini sudah terdeteksi oleh penyelidikan Facebook sekitar 30 juta pengguna. Ini berbeda dari laporan awal yang mencapai 87 juta pengguna.

Semua korban yang terdeteksi semuanya ada di Amerika Serikat. Laporan tersebut sekaligus mementahkan dugaan awal yang menyebutkan bahwa lebih dari 1 juta pengguna Facebook Indonesia dicuri datanya oleh CA.

Kominfo akan terus memantau perkembangan investigasi yang masih dilakukan Facebook. Sebelumnya pemerintah Indonesia telah meminta Facebook untuk melaporkan hasil penyelidikan skandal yang menjadi sorotan sejak Maret lalu itu.