Kasus Izin Keluar Yusafni, Kemenkumham Sumbar Tunggu Hasil Tim Investigasi

"Saat ini investigasi dan pemeriksaan dilakukan terhadap petugas regu jaga, dan kepala kesatuan pengamanan rutan"
Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sumbar, Dwi Prasetyo Santoso memaparkan izin keluar Yusafni saat jumap pers di Kantor Kemenkumham Sumbar, Rabu (11/07/2018) (Istimewa)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Sumbar, Dwi Prasetyo Santoso, menyebut, pihaknya masih menginvestigasi tiga regu jaga yang berikan izin keluar terpidana kasus korupsi Yusafni Ajo, pada Jum'at 6 Juli 2018 malam.

"Menunggu hasil dari tim investigasi. Langsung dipimpin Kadiv Pemasyarakatan," ungkap Dwi, Rabu 11 Juli 2018 di Kantor Kemenkumham Sumbar.

Menurutnya, saat ini investigasi dan pemeriksaan dilakukan terhadap petugas regu jaga, dan kepala kesatuan pengamanan rutan.

"Pada akhirnya karutan juga dimintai keterangan. Pemeriksaan tidak tertutup kemungkinan misalnya sampai dengan adanya transaksi, menjual jasa. Batas waktu investigasi 14 hari," sebutnya.

Sejauh ini, katanya keterangan regu jaga memang murni alasan kemanusiaan, karena melihat kondisi terpidana yang sakit parah.

"Hasil investigasi sementara hampir dipastikan kesalahan prosedur kepala regu jaga. Sebab, memang bukan kewenangannya. Alasan kemanusiaan, saat malam itu tidak bisa menghubungi atasan. Investigasi awal, indikasi suap tidak ada," ungkapnya.

Terkait pemeriksaan terhadap Yusafni, Dwi menyebut belum melakukannya. "Namun kita. Bekerja keras dan cepat, mudah mudahan tiga empat hari ke depan, hasil investigasi sudah didapatkan, dan kita bisa laporkan," pungkasnya.

Baca berita sebelumnya : Terpidana Kasus Korupsi "Berkeliaran", Ini Kata Kemenkumham Sumbar

[Cecep Jambak]