Setelah Masa Pendaftaran, Ini Pesan KPU Sumbar untuk Balon DPD

"Baru empat balon yang sudah memenuhi syarat dukungan KTP"
Komisioner Divisi Teknis KPU Sumbar, Izwaryani (KLIKPOSITIF/Cecep Jambak)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Komisioner Divisi Teknis KPU Sumbar, Izwaryani mengatakan, pasca tahapan pendaftaran pencalonan, para bakal calon (balon) harus fokus pada memenuhi syarat dukungan KTP.

"Yang paling penting harus diperhatikan adalah dukungan KTP, karena rata-rata belum memenuhi syarat. Rata-rata hampir 50 persen. Baru empat balon yang sudah memenuhi syarat dukungan KTP, tinggal verifikasi berkas," ungkap Izwaryani, di KPU Sumbar, Rabu 11 Juli 2018.

Selanjutnya yang penting diperhatikan, katanya memperbaiki segera berkas persyaratan yang memang belum memenuhi syarat.

"Terakhir sampai tanggal 24, baik itu KTP dan syarat lain, setelah itu baru verifikasi faktual," ucapnya.

Namun begitu, katanya, KPU terus menyarankan agar memasukkan syarat dukungan KTP lebih dari 200 persen. Hal itu dilakukan agar terhindar dari kekhawatiran tidak tercapainya lagi syarat minimal tersebut.

"Untuk aman nanti masukkan lagi minimal 200 persen. Untuk mendorong semuanya bisa maju, dan biar rakyat yang kemudian menyeleksi para calon nantinya," pungkas Izwaryani Yanng sebelumnya menjabat sebagai Komisioner Divisi Hukum KPU Agam ini.

Sebelumnya diberitakan, dari 26 balon yang telah mengajukan dukungan KTP, baru 4 balon saja yang telah melengkapi syarat minimal dukungan. Empat balon itu adalah Zul Evi Astar, Leonardi Harmainy, Alkudri, dan Julia F Agusta.

[Cecep Jambak]