Pelebaran Jalan, Ratusan Bangunan Liar di Batang Harau Dibongkar

"Pembongkaran hari ini terfokus pada bangunan non permanen "
Pembongkaran bangunan liar di Batang Harau (KLIKPOSITIF/Cecep Jambak)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Satuan Polisi Pamong Praja Kota Padang membongkar ratusan bangunan liar yang berdiri di sekitaran Batang Harau, Kecamatan Padang Selatan, Kamis 12 Juli 2018.

Pembongkaran dilakukan karena berkaitan dengan program tata kota Pemerintah Kota Padang. Rencananya di lokasi tersebut akan dibangun taman ruang terbuka dan pelebaran jalan.

Kepala Satpol PP Padang, Yadrison mengatakan bahwa pembongkaran hari ini terfokus pada bangunan non permanen yang berdiri di atas median trotoar.

"Ada tiga peleton personel yang diturunkan. Yang kita bongkar hari ini warung yang non permanen," katanya pada KLIKPOSITIF.

Sementara, kata dia, untuk bangunan yang permanen akan dibongkar dengan menggunakan alat berat. "Dari 78 bangunan yang terdata, ada sekitar 25 yang permanen dan semi permanen," ujarnya.

Selama pembongkaran berlangsung, tampak tidak ada perlawanan yang berarti dari masyarakat. Hanya saja pihaknya, sebut Yadrison memberikan keringanan pada pemilik bangunan yang ingin membongkar sendiri.

"Penolakannya seperti apa? Kalau menolak dibongkar tentu tidak bisa. Namun kalau membongkar sendiri silahkan. Kita tunggu sampai besok," tegasnya.

Pantauan KLIKPOSITIF, ratusan personel Polisi PP tampak membongkar secara manual. Hingga siang ini, pembongkaran masih tampak berlangsung. Pembongkaran terlihat kondusif.

[Cecep Jambak]