Sampai Kemarin, Belum Ada Parpol yang Daftarkan Bacaleg ke KPU

"Presiden Jokowi meminta agar parpol-parpol peserta pemilu segera mendaftar "
Ketua KPU Arief Budiman (Medcom.id)

NASIONAL, KLIKPOSITIF -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) belum menerima satupun berkas pendaftaran Bakal Calon Legislatif untuk Pemilu Legislatif (Pileg) tahun 2019 mendatang.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Arief Budiman mengemukakan, sejak dibuka tanggal 4 Juli lalu, sampai dengan Rabu 11 Juli 2018 kemarin, atau hari ke-8 dari total 14 hari yang disediakan untuk pendaftaran bakal calon, belum satupun partai politik (Parpol) mendaftarkan calon anggota DPR RI (Caleg) ke KPU.

"Kami juga laporkan bahwa sampai hari ke-8 dari total 14 hari yang disediakan untuk pendaftaran bakal calon, itu belum satupun partai politik mendaftarkan ke KPU RI untuk calon DPR RI," katanya.

Terkait hal itu, menurut dia, Presiden Jokowi meminta agar parpol-parpol peserta pemilu segera mendaftar lebih awal, tidak harus menunggu hingga batas waktu pendaftaran 6 (enam) hari mendatang berakhir.

"Saya pikir harapan Bapak Presiden sama, tapi tidak menyinggung soal regulasi yang digugat, isi regulasinya tidak, tapi hanya menyerukan segera saja diserukan supaya untuk mendaftar lebih awal, jadi tidak mendaftar di akhir waktu," sebut Arief.

Selain itu, ia juga menegaskan bahwa di Pileg 2019 nanti pihaknya tidak ada menerima pendaftaran dari menteri yang ingin menduduki kursi legislatif.

"Tidak dibahas. Tidak ada pembahasan soal itu. Itu tidak dibahas. KPU menyampaikan untuk hal-hal yang sudah diatur dalam undang-undang maka ikuti saja ketentuan yang ada dalam undang-undang," tegas Arief kemudian.(*)

Sumber: Setkab