PKS Bicara Peluang Munculnya Poros ke Tiga di Pilpres 2019

"langkah PKS akan terasa rumit apabila menginginkan poros ketiga. Sebab PKS harus mencari dua partai lagi yang mau membangun poros ketiga"
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF -- Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera mengungkapkan masih ada peluang bagi PKS untuk membangun poros ketiga. Namun peluang tersebut akan terganjal oleh satu hal, yakni kuota partai.

Mardani menjelaskan bahwa langkah PKS akan terasa rumit apabila menginginkan poros ketiga. Sebab PKS harus mencari dua partai lagi yang mau membangun poros ketiga.

"Tapi menjadi lebih rumit karena nggak seperti Gerindra posisinya. Gerindra-PKS bisa, Gerindra-PAN bisa, Demokrat bisa. Tapi kalau poros ketiga itu teman-teman Demokrat perlu tiga partai," kata Mardani di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Kamis (12/7/2018), dilansir dari Suara.com, jaringan Klikpositif.com.

Jika Partai Gerindra sepakat hanya maju dengan PKS, ada kemungkinan apabila Partai Demokrat, PAN dan PKB mau bersatu. Namun hal itu masih dirasanya sulit.

"Komposisi terdekat Demokrat pan PKB. Kalau PKS sama Gerindra. Tiga ini juga belum tentu bisa menyatu," pungkasnya.

Soal koalisi partai untuk Pemilihan Presiden 2019 nanti, baru koalisi Joko Widodo yang sudah terbentuk. Jokowi dicalonkan kembali sebagai presiden oleh PDI Perjuangan dan beberapa partai pendukung pemerintah, termasuk Golkar dan Nasdem.

Sementara koalisi Prabowo Subianto baru hanya Gerindra yang mastikan dukung Prabowo jadi capres. Dua partai yang selama ini diwacanakan mendukung Prabowo, PKS dan PAN, masih belum bulat. (*)