Kemenkumham Sumbar Gelar Diseminasi HAM di Painan

"Pemkab Pessel berencana untuk mendirikan Sekretariat Aksi HAM"
Kegiatan Diseminasi HAM di Painan, Kamis (12/07/2018) (Istimewa)

PESSEL, KLIKPOSITIF -- Kementerian Hukum (Kemenkum-HAM) Sumbar menggelar Diseminasi Hak Asasi Manusia (HAM) bersama Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan dalam memperhatikan penegakan Hak Asasi Manusia di daerah tersebut.

Kepala Kanwil Kemenkumham Sumatera Barat, Dwi Prasetyo mengatakan, diseminasi merupakan salah satu bentuk penguatan HAM di daerah. Sebab, gagasan dan perluasan ide tentang kepedulian HAM harus dilakukan secara bersama.

"Pessel sudah mulai melakukan hal itu dan harus bisa terus dipertahankan. Dimana penghormatan, pemenuhan, perlindungan termasuk penegakan dan kemajuan HAM harus jadi perhatian bersama," sebut Kepala Kanwil Sumbar, Dwi Prasetyo disela-sela kegiatan Desiminasi Hak Asasi Manusia di Painan, Kamis 12 Juli 2018.

Kegiatan desiminasi merupakan salah satu bentuk penguatan HAM di daerah. Kata Dwi Prasetyo, sebagai daerah cukup peduli dengan persoalan HAM, Pessel sudah mendapatkan prediket Cukup Peduli terhadap HAM pada 2017 lalu.

"Itu diserahkan langsung Presiden Joko Widodo pada Bupati Hendrajoni. Dan selanjutnya akan ada uji coba selama empat bulan ke depan,” terangnya.

Lanjutnya, ke depan Kemenkum-HAM berniat akan membangun Unit Kerja Imigrasi dan Unit Pengawasan Orang Asing di Pessel. Hal itu direncanakan untuk meningkatan pelayanan penunjang HAM dari Kemenkum-HAM.

Sementara, Kepala Bagian Hukum Pemkab Pessel, Sabrul Bayang menyampaikan, dengan adanya komitmen diseminasi antara Kemenkum-HAM dan Pemkab Pessel, pihaknya bertekad untuk meningkatkan status dari cukup peduli, menjadi Sangat Peduli HAM.

Selain itu, pihaknya dari pemerintah daerah juga berencana untuk mendirikan Sekretariat Aksi HAM. Bahkan, juga mengajak PGRI mendirikan LBH PGRI.

[Kiki Julnasri]