Keputusan Pusat Belum Keluar, Gubernur Sumbar Akan Tunjuk Plt Sekdaprov

"Semua tahapan seleksi telah tuntas dilaksanakan tim Pansel lelang jabatan Sekdaprov Sumbar."
Wakil Ketua Tim Pansel Sekdaprov Sumbar, Ali Asmar, (KLIKPOSITIF)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Sumbar, Ali Asmar menyebutkan, hingga saat ini hasil seleksi yang akan mengisi kursi Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Barat (Sekdaprov Sumbar) belum ada kejelasan dari pusat.

Ada tiga nama yang akan menggantikan dirinya yang memasuki masa pensiun per 1 Agustus 2018, yakni Novrial (Kepala Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana dan Dukcapil Provinsi Sumbar), Abdul Gafar (Kepala Dinas Sosial Provinsi Sumbar) dan Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sumbar Alwis.

"Semua tahapan seleksi telah tuntas dilaksanakan tim Pansel lelang jabatan Sekdaprov Sumbar. Namun, hingga saat ini belum turun nama untuk posisi pengganti sekda," kata Wakil Ketua Tim Pansel Sekdaprov Sumbar, Ali Asmar, Kamis (12/7).

Belum turunnya putusan dari Kementrian Dalam Negeri tersebut menurutnya, berkemungkinan akan ada Pelaksana Tugas (Plt) Sekda sebagai pembantu sementara Gubernur Sumbar.

"Jika tak ditetapkan pada Juli ini, berkemungkinan akan ditunjuk Gubernur Sumbar Plt Sekda sampai akhirnya ada pergantian secara defenitif," ujarnya.

Dirinya, Sesuai Undang-Undang Nomor 5 tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) bahwa jabatan pimpinan tinggi ASN pensiun di usia 60 tahun.

Sebelumnya, tim seleksi Sekdaprov Sumbar sudah menyelesaikan tugasnya menseleksi calon Sekdaprov Sumbar mencapai tiga besar yakni, Novrial, Abdul Gafar dan Alwis. Nama tersebut juga sudah diserahkan pada Gubernur Irwan Prayitno untuk diajukan ke Kementrian Dalam Negeri.

Tim Panitia Seleksi diketuai Hamdani dari Kemendagri, Wakil Ketua Ali Asmar dari Pemprov Sumbar, dan beranggotakan M Shadiq Pasadigoe (Kemenpan-RB), Prof. Sufyarma Marsidin (Akademi), dan Prof. Damsar (Akademi).

[Joni Abdul Kasir]