TBM Pelangi Sawahlunto Masuk Nominasi GRCC 2018

"Saat ini TBM Pelangi telah mengoleksi lebih dari 907 judul buku"
Pengurus TBM Pelangi bersama tim GRCC (Ist)

SAWAHLUNTO, KLIKPOSITIF -- Taman Baca Masyarakat (TBM) Pelangi, Desa Lumindai, Kecamatan Barangin, Kota Sawahlunto terpilih untuk berkompetisi dalam Gramedia Reading Community Competition (GRCC) 2018.

Terpilihnya TBM Pelangi setelah Tim GRCC melakukan verifikasi langsung ke TBM yang diantaranya pimpinan Gramedia Padang dan Riau, setelah menerima tulisan berupa essai yang dikirim beberapa waktu lalu oleh pengelola TBM Pelangi.

"Mereka kesini lima orang untuk melihat langsung semua tentang TBM kami," kata pengelola TBM Pelangi Zulhijani, Kamis 12 Juli 2018.

"Esai itu berisi tulisan tentang taman baca ini mulai dari jumlah pengunjung, sejak tahun berapa berdiri, apa saja fasilitasnya dan lainnya," sambungnya.

Saat ini TBM Pelangi telah mengoleksi lebih dari 907 judul buku terdiri dari buku Agama, Sastra, Pertanian, Keterampilan buku umum serta buku pelajaran. 

Koleksi TBM Pelangi terdiri dari beberapa kelas bacaan yakni mulai dari kelas 1 sampai 6 Sekolah Dasar. Dalam memberi semangat anak-anak akan diberikan hadiah sekali dalam tiga bulan berupa alat tulis bagi yang rajin ke TBM.

Lebih lanjut Zulhijani mengungkapkan kebahagiaannya setelah masuk dalam nominasi GRCC dan dikunjungi oleh pimpinan Gramedia dari Padang dan Riau.

"Alhamdulillah, masuk dalam nominasi GRCC merupakan prestasi yang membanggakan," jelasnya.

Harapannya, kedepan TBM ini bisa sebanding dengan TBM di kota lainnya yang mempunyai fasilitas lengkap dalam membuat daya tarik anak-anak membaca dan betah untuk berlama-lama di TBM.

Diketahui TBM Pelangi tersebut didirikan pada Maret 2007 lalu, sebelumnya terletak di pasar tradisional Lumindai disebuah rumah kontrakan. Namun, karena tidak memiliki biaya untuk memperpanjang kontrak, TBM Pelangi dibawa kerumah dengan memanfaatkan paviliun rumah sebagai ruang baca. 

Diruangan yang berukuran sekitar 4 X 4 meter itu mampu menampung pengunjung ... Baca halaman selanjutnya