Pendaftaran Bacaleg Masih Sepi, Caleg Tidak Siap?

"Persoalan administrasi sejauh ini menjadi kendala di internal partai politik"
Ilustrasi (Net)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Memasuki hari ke 9, pendaftaran Bakal Calon Legislatif di KPU Sumatera Barat dan beberapa KPU tingkat kota/kabupaten masih cenderung sepi.

Hal ini kemudian menjadi pertanyaan, mengingat jadwal pendaftaran ini dilakukan hingga tanggal 17 Juli 2018 atau empat hari lagi.

Di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumatera Barat sendiri, hingga hari ke sembilan ini belum ada satupun partai yang datang untuk menyerahkan berkas Bacaleg yang akan ikut serta di Pemilihan Legislatif 2019 mendatang.

Pengamat politik dari Universitas Andalas, Najmuddin Rasul menilai, persoalan administrasi sejauh ini menjadi kendala di internal partai politik, sehingga masalah tersebut kemuidan membuka celah terjadinya dugaan praktek mahar politik di tubuh partai.

"Administrasi bisa bermacam-macam, bisa keanggotaan di parpol itu, yang belum clear. Karena kita tahu banyak calon yang justru bukan dari kader parpol. Bisa juga diduga terkait finansial ataupun mahar, yang berkaitan dengan nomor urut," katanya, Jumat 13 Juli 2018.

Di sisi lain, Najmuddin juga melihat bahwa disebabkan karena ketidaksiapan dari personal si calon legislatif itu sendiri karena menyangkut persyaratan secara pribadi.

"Kalau saya melihat justru para caleg ini tidak percaya diri. Dan itu merupakan cerminan dari kualitas dari elit politik saat ini," sebutnya.

Lucunya, menurut dia, persoalan tersebut tidak dibenahi parpol di jauh hari sebelum tahapan dimulai. Sehingga akan berdampak pada proses tahapan yang dilakukan oleh penyelenggara pemilu.

"Ini yang dikuatirkan. Akan berdampak pada proses di KPU. Merusak sistem yang dibuat oleh KPU," ujarnya.

Persoalan yang nyaris sama terjadi di seluruh Indonesia, menandakan sistem demokrasi di Indonesia sudah sangat berbahaya. "Salah satu indikator memang proses pencalonan legislatif ini," pungkasnya.

Pendaftaran bakal calon legislatif oleh parpol telah dibuka sejak Rabu ... Baca halaman selanjutnya