Gubernur Apresiasi Ketua Dekranasda Sumbar Raih Piagam Penghargaan Dari Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah

"Ini merupakan prestasi yang patut menjadi kebanggaan kita bersama"
Gubernur Irwan Prayitno berfoto bersama Ketua Dekranasda Sumbar Nevi Zuairina, Kadis Koperasi dan UMKM Zirma Yusri saat launching Koperasi Bungo Nagari Sepakat dan Kuliner Khas Minang di Gedung Dekranasda Sumbar beberapa waktu lalu. (Humas Pemprov Sumbar)

BANTEN, KLIKPOSITIF - Gubernur Sumbar Irwan Prayitno mengapresiasi kerja keras yang dilakukan Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Sumbar dalam membina dan mengembangkan koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM). Hal itu dibuktikan dengan ganjaran berupa piagam penghargaan dari Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah yang diserahkan saat peringatan Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) ke-71 di Grantage Hotel, Tangerang, Banten, Rabu (11/7) kepada Ketua Dekranasda Sumbar, Nevi Zuairina.

"Ini merupakan prestasi yang patut menjadi kebanggaan kita bersama. Apalagi, dalam hal pembinaan dan pengembangan koperasi serta UKM yang ada di Sumbar. Mana, produk UKM Sumbar telah banyak dilirik oleh masyarakat baik diluar maupun luar negeri," ujar Irwan Prayitno, Minggu (15/7) di Padang.

Dengan penghargaan ini, kata Irwan, menjadi motivasi dan pemacu untuk pelaku UKM dari Sumbar untuk lebih kerja keras lagi serta serius menjadikan daerahnya lebih baik lagi. Terlebih Sumbar merupakan salah satu provinsi dengan tingkat UKM yang tinggi.

"Jadi di Sumbar pelaku UKM ini termasuk yang terbesar. Apalagi, dalam enam tahun terakhir ini Sumbar terus memperhatikan dan melakukan pengembangan terhadap peningkatan UKM yang mampu memiliki daya saing dan juga berupaya dalam penurunan angka kemiskinan," katanya.

Sedangkan kata Irwan, ragam UKM antara lain makanan basah dan ringan, kerajinan fashion, souvenir, perabot, dan lain-lain. Selain itu juga ada usaha songket Silungkang, Pandai Sikek, Sulaman Kotogadang, Ampek Angkek, Songket Halaban, Sulaman Bayangan, Batik Tanah Liek. Ada juga usaha makanan di Payakumbuh, Limapuluh Kota,  Bukittinggi, Agam dan Padang,” ucapnya.

Sementara itu, ... Baca halaman selanjutnya