KPU Sumbar : Tak Ada Penambahan Waktu Pendaftaran Bacaleg

Tempat pendaftaran bacaleg di KPU Sumbar
Tempat pendaftaran bacaleg di KPU Sumbar (KLIKPOSITIF/Joni Abdul Kasir)

PADANG, KLIKPOSITIF -- KPU Sumbar menegaskan tidak ada tambahan waktu untuk partai politik yang mendaftarkan bakal calon legislatif (bacaleg) mereka sampai batas waktu penutupan malam ini pukul 24.00 WIB.

Komisioner Divisi Partisipasi Masyarakat (Parmas) dan SDM KPU Sumbar Gebril Daulai menjelaskan, sesuai dengan tahapan hari ini adalah hari terakhir pendaftaran calon anggota DPRD Provinsi dan DPR RI hingga pukul 24.00 WIB.

baca juga: Polda Sumbar Akan Tindaklanjuti Laporan Ketua KPU Sumbar

Ditegaskannya, KPU tidak memberikan perpanjangan waktu bagi partai yang bermasalah hingga waktu yang ditentukan tersebut.

"Kalau ada masalah dalam administrasi atau semacamnya kami tidak mentolerir hingga waktu yang sudah ditetapkan," ujarnya, Selasa 17 Juli 2018.

baca juga: Unggah KTP Ketua KPU Sumbar di Facebook, Petugas Posko COVID-19 Lubuk Peraku Padang Dipolisikan

Menurut Gebril, KPU sudah memberikan waktu dari jauh hari (4-17 Juli). Dalam rentang waktu itu partai seharusnya mendaftar di awal waktu sehingga jika ada persyaratan tidak lengkap bisa diperbaiki dan tidak mepet dengan jadwal terakhir.

"Kami sudah menyiapkan diri sejak awal untuk mencek dokumen calon anggota DPRD Provinsi dan DPR RI. Jika ada yang tidak cocok akan kami kembalikan dan tak ada perpanjangan waktu saat memasuki akhir waktu," katanya.

baca juga: Video Cekcok dengan Petugas Posko COVID-19 Beredar, Ini Klarifikasi Ketua KPU Sumbar

Hari terakhir hingga pukul 21.00 WIB sudah 10 partai politik yang mendaftarkan calon legislatif (Caleg) mereka ke Komisi Pemilihan Umum Sumbar.

Kesepuluh parpol tersebut PKS, Perindo, Nasdem kemarin telah mendaftar kemarin (16/7). Ditambah hari ini Partai Demokrat, Hanura, PDI P, PKB, PPP, Golkar dan PAN.

baca juga: Mendaftar ke KPU Bernuansa Putih-putih, Fakhrizal: Niat Kita Bersih

[Joni Abdul Kasir]

 

Penulis: Iwan R