Habibie Ungkap Alasan Otaknya Masih Bekerja di Usia 82 Tahun

"pemenuhan kebutuhan nutrisi yang seimbang sejak kecil menjadi salah satu faktor kunci agar anak-anak Indonesia bisa tumbuh menjadi orang yang cerdas"
Bj Habibie (Lampungpro.com)

KLIKPOSITIF -- Menyambut Hari Anak Nasional (HAN) 2018, Presiden ketiga Republik Indonesia BJ Habibie mengingatkan pentingnya penerapan pola makan sehat sejak kecil.

Menurut BJ Habibie, pemenuhan kebutuhan nutrisi yang seimbang sejak kecil menjadi salah satu faktor kunci agar anak-anak Indonesia bisa tumbuh menjadi orang yang cerdas, kuat dan siap bersaing dengan negara-negara lain.

"Yang pertama itu harus sehat. Sehat itu cukup gizinya, makanannya ada karbohidrat, protein, ada banyak sayur dan yang paling penting banyak minum air. Manusia yang banyak minum air, sampai seperti eyang ini, 82 tahun, otaknya terus bekerja. Karena badan kita ini sebagian besar terdiri dari air, yang juga dibutuhkan otak," kata Habibie dalam acara yang dihelat The Habibie Center di Perpustakaan Habibie & Ainun, di Jakarta, Selasa (17/7/2018).

Selain pemerintah, BJ Habibie melanjutkan, masyarakat juga bisa ikut berperan dengan menyebarkan informasi dan pengetahuan tentang pentingnya gizi. Penyebaran bisa dilakukan dari mulut ke mulut, pada kelompok diskusi maupun di berbagai media sosial sehingga masyarakat yang minim informasi menjadi lebih tahu, mengerti dan melek gizi.

Menurut BJ Habibie, peran berbagai pihak, termasuk pihak-pihak swasta juga sangat penting untuk ikut peduli dan ambil bagian dalam mengentaskan masalah gizi yang terjadi di Indonesia.

"Bangsa yang maju adalah yang bisa melahirkan anak bangsa yang sehat dan cerdas. Untuk itu, mari bersama-sama kita peduli akan nasib bangsa kita ke depan. Ini bisa di mulai dengan memperbaiki gizi dan kesehatan anak bangsa, karena setiap anak Indonesia harus memiliki akses terhadap kemajuan untuk dapat mewujudkan impian mereka dan ikut memajukan bangsa Indonesia,” ujarnya.

Dalam acara yang juga dihadiri oleh anak-anak Sekolah Dasar (SD) ini, BJ Habibie juga mengingatkan ... Baca halaman selanjutnya