Pemko Bukittinggi Habiskan Rp16,4 Miliar Pugar Kawasan Jam Gadang

"Pemugaran dilakukan dengan membongkar seluruh lantai"
Seorang warga melintas di kawasan Jam Gadang, tampak sebuah pagar seng menutupi objek wisata itu selama proses pemugaran (KLIKPOSITIF/Hatta Rizal)

BUKITTINGGI, KLIKPOSITIF -- Pemerintah Kota Bukittinggi melakukan pemugaran atau revitalisasi kawasan Pedestrian Jam Gadang. Program ini dimulai sejak Selasa 17 Juli 2018 dan akan berakhir pada 31 Desember 2018.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Bukittinggi Oktavianus mengatakan, program ini menalan biaya sebesar 16,4 miliar rupiah dari APBD tahun 2018.

BACA JUGA: Kendaraan Wisata Dilarang Masuk Kawasan Jam Gadang

BACA JUGA: Kapitra Ampera Jadi Bacaleg PDIP, Hasto Sebut Hal Ini

"Bangunan Jam Gadang tidak kena, pemugaran dilakukan di sekeliling bangunan bersejarah itu," katanya pada KLIKPOSITIF, Rabu 18 Juli 2018.

Menurutnya, pemugaran dilakukan dengan membongkar seluruh lantai seluas 1 hektare yang menghiasi kawasan wisata Jam Gadang. Ia menjelaskan, bahwa bebatuan lantai tersebut akan diganti dengan yang lebih baru.

Selain itu, kata dia, pihaknya juga akan menambahkan sejumlah fasilitas lain seperti taman, air mancur dan kelengkapan toilet. "Intinya kawasan Jam Gadang akan lebih baik dan nyaman bagi wisatawan," ujarnya.

BACA JUGA: Daftar Orang Beken dengan Bayaran Termahal, Ronaldo Peringkat 9

Dengan adanya pemugaran itu, Oktavianus mengatakan, pemerintan meminta pengertian wisatawan yang saat ini terganggu akibat proses pengerjaan.

"Wisatawan memang akan terganggu, tapi kita ... Baca halaman selanjutnya