Aqua Dwipayana Beri Latihan Pra Jabatan Bagi Ratusan Dosen UNP, Ini Cara Jadi Dosen yang Baik

Pakar komunikasi dan motivator nasional Dr Aqua Dwipayana berikan pelatihan pada ratusan dosen tetap non Pegawai Negeri Sipil (PNS), Universitas Negeri Padang (UNP) Padang
Pakar komunikasi dan motivator nasional Dr Aqua Dwipayana berikan pelatihan pada ratusan dosen tetap non Pegawai Negeri Sipil (PNS), Universitas Negeri Padang (UNP) Padang (KLIKPOSITIF/ Cecep Jambak)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Menanamkan rasa semangat ikhlas bekerja, ratusan dosen tetap non Pegawai Negeri Sipil (PNS), Universitas Negeri Padang ( UNP ) Padang, menerima motivasi dari pakar komunikasi dan motivator nasional Dr Aqua Dwipayana, Kamis 19 Juli 2018, di UNP .

Dalam kegiatan yang masuk dalam latihan pra jabatan ini, Aqua menekankan pada cara komunikasi efektif dalam mewujudkan diri sebagai dosen profesional dan ilmuwan di lingkungan UNP .

baca juga: Belajar Daring Tak Efektif di Siberut, Kendala Internet, Guru dan Siswa Tak Punya Smartphone

Aqua Dwipayana memaparkan, menjadi dosen yang baik harus bisa menghadirkan komunikasi yang efektif. Langkah utama yang harus diperhatikan adalah dengan memberikan motivasi, bukan untuk menggurui, dengan menggunakan bahasa sederhana.

"Penampilan juga harus dijaga, tentu dengan mengutamakan inner beauty. Selanjutnya jangan sesekali membawa persoalan luar kampus ke dalam kelas. Harus menghormati mahasiswa dan jangan menyepelekan, namun merasakan apa yang dirasakan mahasiswa. Upayakan komunikasi itu dari segala arah, saling berbagi," ungkap Aqua.

baca juga: Suara Kader Partai, Prabowo Bakal Kembali Jabat Ketum Gerindra

"Kenali siapa lawan bicara. Perbanyak wawasan, sehingga tahu cara menyampaikan pesan yang mudah dipahami," tambahnya.

Ia juga menekankan, menjadi dosen agar tidak alergi dengan saran dan anti kritikan.

baca juga: Kodim 0306/50 Kota Renovasi 10 Rumah Veteran dan Warga Miskin di Suliki

"Pada dasarnya, dosen dan mahasiswa sama, jangan saling menjatuhkan. Ajarkan kritik dengan menggunakan etika komunikasi. Jangan pernah permalukan mahasiswa di kelas. Kalau memang ada kesalahan, bicarakan empat mata. Jika ada mahasiswa yang berprestasi, jangan pelit memberikan apresiasi, sehingga dapat memotivasi yang lain," ungkapnya.

Terakhir, menjadi dosen yang baik, kata Aqua terus menjaga komitmen, dan kredibilitas. "Komitmen dan kredibilitas untuk menjaga reputasi," pungkasnya.

baca juga: Pemerintah: Tarif Listrik Pelanggan Non Subsidi Hingga September Tak Naik

Sementara itu, Rektor UNP Ganefri mengatakan, kegiatan bertujuan untuk menyegarkan kembali para dosen akan pentingnya menjadi dosen yang profesional.

"Supaya ada kerja untuk motivasi berprestasi. Merefresh mereka, agar bisa bekerja cerdas, iklas, sehingga bekerja berkualitas. Selalu berdoa dan bersyukur," ungkapnya.

Tampak hadir Wakil Retor 3, Ardifal, Kepala Biro Umum Administrasi, Afdalisma, Kabag Kepegawaian, Dian, dan lainnya. [Cecep Jambak]

Penulis: Eko Fajri