Tumbuhan Langka Rhizanthes Lowii Ditemukan di Agam

"Bunga ini ditemukan warga saat tengah bergotong-royong mengerjakan jalan kampung"
Rhizanthes Lowii yang ditemukan warga Agam (Istimewa)

AGAM,KLIKPOSITIF -- Tumbuhan langka yang diduga jenis Rhizanthes Lowii ditemukan di Agam-Sumbar. Tumbuhan yang masuk famili Rafflesiaceae atau masih satu suku dengan Rafflesia itu ditemukan warga saat tengah bergotong- royong mengerjakan jalan kampung di Kubu Gadang, Jorong Panji, Nagari Maninjau, Kecamatan Tanjung Raya pada Selasa 17 Juli 2018.

Warga yang menemukan, kemudian melaporkan hal ini ke BKSDA (Balai Konservasi Sumber Daya Alam) Agam.

Petugas BKSDA Agam Ade Putra mengatakan, pihaknya sudah melakukan peninjauan terkait hal ini bersama perangkat nagari setempat, pada Kamis 19 Juli 2018.

Ade menyebut, di lokasi, ditemukan kuncup atau knop tumbuhan yang diduga kuat memang berjenis Rizhantes Lowii sebanyak 13 buah dengan ukuran variatif. Bahkan ada yang sudah melewati fase mekar di hutan lindung perbatasan antara Nagari Maninjau dan Nagari Matua Mudiak tersebut.

"Yang paling besar diameternya sebesar 32 sentimeter, kondisinya sudah mulai membusuk," ujar Ade.

Ade menjelaskan, tumbuhan parasit ini memiliki kemiripan fisik dengan Rafflesia yakni tidak memiliki batang, akar, daun dan klorofil sehingga tak bisa melakukan fotosintesis, tetapi bergantung pada inangnya.

Tumbuhan ini, kata Ade, biasa hidup di daerah dengan ketinggian 500-1300 mdpl (meter di atas permukaan laut) dan termasuk dalam tumbuhan langka serta terancam punah. Di Sumatera Barat, hidup tiga jenis tumbuhan ini yakni Rhizanthes Deceptor, Rhizanthes Lowii dan Rhizanthes Infanticida

BKSDA mengharapkan, jika warga menemukan tumbuhan langka seperti ini agar tidak merusaknya sehingga bunga langka itu bisa tetap lestari.

[Hatta Rizal]