Dinkes Mentawai Salurkan 25 Kendaraan Operasional ke Puskesmas

"Bantuan operasional kendaraan bermotor roda dua ber merk Yamaha All New Soul GT 125 AKS sebanyak 25 Unit itu, kata Lahmuddin, nantinya akan dibagi untuk 5 puskesmas dengan masing masing puskesmas mendapat 5 unit"
25 unit motor disiapkan untuk menunjang kelancaran pelayanan kesehatan di Mentawai (Humas Pemkab Mentawai)

MENTAWAI, KLIKPOSITIF - Guna meningkatkan pelayanan kesehatan di Kepulauan Mentawai. Dinas Kesehatan daerah setempat akan menyalurkan 25 unit kendaraan operasional roda dua untuk lima Puskesmas.

Kepala Dinas Kesehatan Mentawai, Lahmuddin Siregar, mengatakan, adanya bantuan kendaraan roda dua yang bersumber dari dana alokasi khusus (DAK) Afirmasi APBN 2018 itu, sangat membantu operasional dan bisa lebih mempercepat pelayanan kepada masyarakat yang membutuhkan pelayanan kesehatan. "Kendaraan operasional ini sangat dibutuhkan bagi tenaga medis di puskesmas yang tugasnya di wilayah terpencil dan sulit dijangkau, " kata Lahmuddin di Tuapejat, Kamis (19/7).

Bantuan operasional kendaraan bermotor roda dua ber merk Yamaha All New Soul GT 125 AKS sebanyak 25 Unit itu, kata Lahmuddin, nantinya akan dibagi untuk 5 puskesmas dengan masing masing puskesmas mendapat 5 unit.

"Tiap puskesmas dapat 5 unit, tapi bagi puskesmas yang masih punya motor lama, maka motor itu akan kita alihkan ke pustu, " ujar Lahmuddin.

Lanjut Lahmuddin, selain kendaraan roda dua, pada tahun ini Dinas Kesehatan Mentawai juga akan mendapatkan bantuan tambahan mobil operasional.

"Insya Allah tahun ini kita akan menerima bantuan lagi 1 unit mobil ambulance dan 4 unit mobil untuk puskesmas keliling, " jelasnya

Lahmuddin menyebutkan, sebagian besar puskesmas di Mentawai sudah dilengkapi UGD dan ambulance yang siaga 24 Jam, namun demikian pihaknya akan terus mendorong Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) untuk lebih optimal agar warga semaksimal mungkin bisa dilayani di Puskesmas.

Menurutnya, hampir 40% jenis penyakit bisa ditangani terlebih dahulu di Puskesmas tanpa harus langsung ke rumah sakit yang hanya ada di Tuapejat Sipora Utara, dengan jarak tempuh cukup jauh.

Ditambahkan Lahmuddin, dengan adanya sepeda motor dan tidak lama lagi ada bantuan mobil operasional, maka bisa memudahkan tenaga kesehatan memeriksa ... Baca halaman selanjutnya