Polemik Susu Kental Manis Mereda, Peternak Sapi Malah Jelaskan Hal Ini

"ketika isu ini mulai mereda, Gabungan Koperasi Susu Indonesia yang terdiri dari para peternak sapi pun buka suara."
Ilustrasi (Net)

KLIKPOSITIF -- Beberapa waktu lalu, pro kontra soal susu kental manis bergulir, dan para pakar kesehatan mengemukakan bahwa kental manis tak bisa disebut susu, karena kandungan susunya yang dinilai sangat sedikit.

Di sisi lain BPOM menilai bahwa kental manis bukanlah produk berbahaya dan aman dikonsumsi sebagai pelengkap hidangan.

Nah, ketika isu ini mulai mereda, Gabungan Koperasi Susu Indonesia yang terdiri dari para peternak sapi pun buka suara.

Dalam rilis yang diterima Suara.com jaringan Klikpositif.com, Jumat (20/7/2018), Dedi Setiadi, Ketua Umum Gabungan Koperasi Susu Indonesia (GKSI), mengatakan selama ini peternak sapi lokal menggantungkan kehidupan dari besarnya potensi pasar susu di Tanah Air, dimana salah satunya dari produk kental manis.

Hal yang sama berlaku sebaliknya, di mana, kata dia, produsen susu kental manis sangat bergantung pada peternak sapi perah lokal untuk dapat menyediakan susu segar berkualitas baik untuk dapat memberikan produk terbaik bagi konsumen.

"Susu kental manis diproduksi dari bahan dasar susu segar yang diserap dari ribuan sapi perah milik para peternak lokal yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia. Setiap harinya, ribuan ton bahan baku susu segar telah melewati proses quality checking dari koperasi-koperasi susu setempat sebelum dikirimkan ke berbagai Industri Pengolahan Susu," ujar Dedi Setiadi yang juga menjabat sebagai Ketua Koperasi Peternak Sapi Bandung Utara (KPSBU).

Ia menambahkan, hubungan positif antara peternak sapi dan pabrikan susu telah berlangsung sejak lama. Kehadiran SKM telah dimulai sejak tahun 1870an dalam bentuk impor, tetapi secara perlahan dapat diproduksi secara mandiri di Indonesia.

Sejak saat itu, perusahaan susu kental manis secara rutin menyerap hasil susu produksi para peternak sapi perah lokal yang secara langsung telah membantu meningkatkan kesejahteraan para peternak sapi perah di Indonesia, termasuk para anggota ... Baca halaman selanjutnya