Anak Nagari Lubuk Kilangan Demo ke Kantor LKAAM Sumbar

"Mereka pertanyakan rencana pelantikan Ketua KAN Lubuk Kilangan yang baru"
Demo di Kantor LKAAM Sumbar (KLIKPOSITIF/Halbert Caniago)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Massa yang mengatasnamakan Anak Nagari Lubuk Kilangan melakukan aksi damai ke Kantor Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Provinsi Sumbar di Jalan Diponegoro Padang

Puluhan anak nagari tersebut melakukan aksi unjuk rasa sekitar pukul 14.00 WIB, Jumat 20 Juli 2018.

Ketua pemuda Nagari Kecamatan Lubuk Kilangan H Ritwan Mas (Akak) yang juga Koordinator Aksi mengatakan bahwa pihaknya melakukan aksi unjuk rasa ini disebabkan adanya pelantikan Ketua KAN Kecamatan Lubuk Kilangan yang sudah ditandatangani oleh LKAAM Kota Padang.

"Kami atas nama anak nagari menanyakan permasalahan ini. Ketua KAN Kecamatan Lubuk Kilangan masih ada dan masih aktif kenapa ada ketua KAN yang baru dan juga akan dilantik," ujarnya.

Ia mengatakan, sebelum pihaknya atas nama anak Nagari Kecamatan Lubukkilangan melakukan aksi, LKAAM Sumbar dan LKAAM Padang sudah disurati terlebih dahulu.

"Setelah kami di sini, tidak ada satupun orang LKAAM Sumbar ataupun LKAAM Padang di kantor ini. Kami kecewa, karena kami cuma menanyakan apakah benar akan ada pelantikan ketua KAN yang baru," ujarnya.

Sementara itu Koordinator Anak Nagari Kelurahan Padang Besi, Kecamatan Lubuk Kilangan Al Nofriadi juga menjelaskan ia bersama anak nagari lainya melakukan aksi unjuk rasa guna mencari kebenaran apakah ada pelantikan ketua KAN yang baru.

"Ketua KAN kami masih aktif, masih bekerja, kenapa ada pelantikan KAN yang baru. Kami ingin tahu apa alasannya," katanya.

Sementara itu Ketua LKAAM Provinsi Sumatera Barat, Sayuti menjelaskan bahwa permasalahan tersebut bukan kewenangannya, tapi LKAAM Kota Padang.

"Tanya ke sana, kami ini provinsi dan mengenai adanya aksi unjuk rasa kami udah tahu," ujarnya singkat.

[Halbert Caniago]