Rafflesia Mekar Lagi di Agam, BKSDA: Ini Lokasi Kesembilan

"pihaknya menemukan satu bunga rafflesia mekar dengan ukuran diameter mencapai 93 centimeter"
Bunga Raflesia mekar di Agam. (KLIKPOSITIF/Hatta Rizal)

AGAM,KLIKPOSITIF -- Bunga Rafflesia Arnoldi kembali mekar di Agam. Kali ini keberadaannya terpantau di Jorong Data Sungai Taleh, Nagari Baringin, Kecamatan Palembayan. Petugas BKSDA Agam, Ade Putra menyebut, bunga langka itu mekar beberapa hari terakhir ini.

Ade mengatakan, di Jorong Data Sungai Taleh, pihaknya menemukan satu bunga rafflesia mekar dengan ukuran diameter mencapai 93 centimeter. Selain itu, ditemukan lagi satu bunga yang diprediksi akan mekar dalam dua hari kedepan.

"Total ada 11 knop yang kita temukan di sana yang akan mekar dua hari kedepan. Itu diperkirakan diameternya lebih dari 100 centimeter dan berdasarkan pengamatan, kita duga ini jenis Arnoldi," ucapnya.

Ditemukannya bunga di lokasi ini membuat Kabupaten Agam layak menjadi salah satu daerah penyebaran utama bunga Rafflesia, sebab kata Ade, ini adalah lokasi kesembilan tempat tumbuh bunga dilindungi itu.

Menurut Ade, daerah penyebaran yang pernah ditemukan di Agam yakni Batang Palupuah, Marambuang, Malalak Utara, Matua Mudiak, Kamang Mudiak, Salo, Tanjung Sani, Kelok 32 Maninjau dan terakhir di Nagari Baringin.

Selain itu, pertengahan bulan Desember 2017 lalu diketahui 1 individu bunga rafflesia berjenis tuan-mudae mekar di cagar alam Maninjau di Marambuang Nagari Baringin dengan diameter 107 cm dan tercatat merupakan diameter terbesar untuk ukuran yang pernah tercatat dan terdokumentasikan.

[Hatta Rizal]