Maksimalkan Layanan Komunikasi, Ini yang Dilakukan Kominfo Mentawai

"Tahun ini kita usulkan 70 BTS ke Kementrian Kominfo agar bisa dipasang untuk mengatasi masalah jaringan telekomunikasi di Mentawai, kita harap bisa terealisasi"
(Humas Pemkab Mentawai)

MENTAWAI, KLIKPOSITIF - Guna pemerataan akses internet dan pengembangan layanan komunikasi di seluruh pelosok desa di wilayah Kabupaten Kepulauan Mentawai, Dinas komunikasi dan informasi daerah setempat terus berupaya melakukan lobi ke Kementrian Kominfo untuk mendapatkan jatah Base Transceiver Station (BTS).

"Tahun ini kita usulkan 70 BTS ke Kementrian Kominfo agar bisa dipasang untuk mengatasi masalah jaringan telekomunikasi di Mentawai, kita harap bisa terealisasi, " ujar Joni Anwar, Kepala Dinas Kominfo Mentawai di Tuapejat, Selasa (24/7).

Dari usulan 70 BTS itu, kata Joni Anwar, pada tahap awal telah diusulkan sebanyak  32 BTS yang saat ini sedang didiskusikan melalui Forum Grup Diskusi (FGD), dan  menunggu kesanggupan pihak Kementerian kominfo dalam merealisasikan usulan itu.

Sementara itu, Sekretaris Diskominfo Mentawai, Benny Sinaga, menambahkan, melalui program blankspot pada Kementrian Kominfo, pada tahun sebelumnya Mentawai telah mendapatkan jatah sebanyak 20 set BTS dan telah dipasang. " Semoga tahun ini mudah-mudahan bisa terealisasi bantuan 70 BTS itu untuk menuntaskan masalah jaringan telekomunikasi kita sampai ke pelosok pelosok desa, " ujar Benny Sinaga yang sebelumnya menjabat kabid informatika pada Diskominfo Mentawai.

Selain pengusulan penambahan BTS tersebut, kata Benny, tahun ini Kementerian Kominfo melalui program Blankspot akan mengupgrade lima dari tujuh Set Tower yang dibangun melalui program telepon tuntas dari dana CSR telkomsel.

Adapun tower tersebut diantaranya Tower Bosua, Kecamatan Sipora Selatan, Tower Pogari, Kecamatan Sipora Utara, Tower Saumanganyak, Kecamatan Pagai Utara, Tower Taileleu, Kecamatan Siberut Barat Daya dan Tower Siberut Barat.

Kemudian dua tower lagi akan dijadikan sebagai Tower bisnis jaringan telkomsel diantaranya Tower Sioban, Kecamatan Sipora Selatan dan Tower Saibi, Kecamatan Siberut Tengah.

"Tujuh Tower tersebut ... Baca halaman selanjutnya