Menteri Yudi Minta Walikota Serang Hukum Satpol PP Penyita Dagangan Saeni

"Menurut Menteri Yudy tindakan yang dilakukan oleh Satpol Pemkot Serang adalah baik yakni untuk menegakan aturan, namun berlebihan"
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Yuddy Chrisnandi (net)

KLIKPOSITIF - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Yuddy Chrisnandi mengatakan Wali Kota Serang harus memberikan sanksi kepada pegawai Satpol PP yang menyita makanan nenek Saeni saat merazia warung makan tersebut.

Dia mengatakan para pegawai negara, termasuk Satpol PP harus merubah cara berpikir dalam bekerja. Karena PNS adalah pelayan masyarakat, bukan penguasa rakyat.

"Saya harap Wali Kota Serang memberikan sanksi kepada pegawainya karena bertindak berlebihan," kata Yudy.Ia mengatakan,

Menurut Menteri Yudy tindakan yang dilakukan oleh Satpol Pemkot Serang adalah baik yakni untuk menegakan aturan, namun berlebihan sehingga muncul antipati dari masyarakat. Seharusnya petugas yang menemukan rumah makan tetap beroperasi saat bulan Ramadhan, cukup menutupnya dan memberikan peringatan tanpa harus mengambil makanannya.

Seperti telah diberitakan sebelumnya Satpol Kota Serang melakukan razia rumah makan terkait bulan Ramadhan. Dalam razia itu, petugas menemukan Nenek Saeni berjualan lalu membawa seluruh dagangannya.

Berita ini direspon luar biasa oleh netizen. Penggalangan dana yang dilakukan untuk membantu ibu Saeni bahkan menembus angka Rp265 juta lebih.