Jelang HUT Kemerdekaan, Ini Permintaan Gubernur Sumbar ke Walikota dan Bupati

"dengan memasang atribut kemerdekaan ini maka akan membangkitkan jiwa nasionalisme "
Bendera merah putih berkibar jelang HUT RI (Joni Abdul Kasir/KLIKPOSITIF)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke 73 mesti disambut suka cita oleh semua lapisan masyarakat. Dengan memasang atribut perayaan kemerdekaan salah satunya pemasangan Bendera Merah Putih di halaman kantor atau lingkungan masyarakat sebulan penuh.

"Perayaan kemerdekaan kita mesti disambut dengan suka cita. Untuk itu, menunjukkan kecintaan kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), kita menghimbau perkantoran baik itu pemerintahan maupun swasta untuk memasang atribut perayaan kemerdekaan, salah satunya menaikan bendera merah putih sebulan penuh selama bulan Agustus. Begitu juga masyarakat di halaman rumahnya masing-masing," ujar Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, Senin (30/7) saat diwawancarai usai rapat koordinasi pimpinan daerah penyelengaraan PTSP.

Disebutkannya, dengan memasang atribut kemerdekaan ini maka akan membangkitkan jiwa nasionalisme sebagai anak bangsa. Apalagi, di usia Indonesia yang telah memasuki 73 tahun.

"Usia 73 tahun bukanlah usia yang muda lagi bagi negara kita. Merebut kemerdekaan dengan susah payah. Maka, kita wajib untuk menjaga kemerdekaan ini dengan meningkatkan jiwa nasionalisme sebagai anak bangsa," ungkapnya.

Selain itu, Irwan meminta kepada bupati/walikota agar memberikan himbauan kepada masyarakat didaerahnya untuk memasang Bendera Merah Putih di lingkungannya. Sebab, beberapa tahun belakang masih ada masyarakat yang tidak memasang bendera di halaman rumahnya untuk memperingati kemerdekaan.

"Jadi, bupati/walikota mesti memberikan semacam himbauan untuk masyarakatnya agar memasang bendera merah putih sebulan penuh selama Agustus ini. Bisa dihimbau lewat pengumuman tertulis maupun lewat pengeras suara dengan mobil berkeliling kerumah-rumah warga. Perayaan Kemerdekaan ini mesti kita hebohkan," tukasnya.

Dari pantauan di lapangan, menjelang HUT RI 17 Agustus, sudah banyak berjejer ... Baca halaman selanjutnya