Bantu Tim Medis saat Kirab Obor, PMI Bukittinggi Kerahkan Ratusan Personel

"Ada sekitar 50 relawan PMI dan 300 relawan PMR yang akan dikerahkan"
Ilustrasi (Dokumentasi PMI Bukittinggi)

BUKITTINGGI,KLIKPOSITIF -- Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Bukittinggi menyiagakan ratusan personil saat proses kirab obor Asian Games 2018 yang dilakukan di Bukittinggi pada Kamis 2 Agustus 2018 lusa.

Kepala Markas PMI Bukittinggi Ahmas Jais mengatakan, pihaknya menyiapkan sebanyak 50 relawan PMI dan 300 PMR.

"Para pesonil kita sebar di tiap titik keramaian untuk memback-up Dinas Kesehatan," jelas Jais, Selasa 31 Juli 2018.

Jais menyebut, proses kirab obor Asian Games 2018 yang melintasi kota Bukittinggi, diperkirakan akan menyedot perhatian massa sehingga pihaknya mesti menyiagakan personil dalam jumlah besar.

"Ada dua ambulans yang akan mengiringi di belakang, jadwalnya kan jam 13.00 WIB, lumayan panas sehingga kita mesti siaga," ujarnya.

Khusus di Lubang Jepang, Jais mengatakan, PMI juga menyiapkan dua tabung oksigen agar tak terjadi hal tak diinginkan seperti kekurangan oksigen.

Kota Bukittinggi menjadi salah satu dari 58 kota di Indonesia yang dilalui kirab obor Asian Games. Ada 20 titik di Bukittinggi yang bakal di lalui obor Asian Games sepanjang 10 kilometer.

Sebelum dari Bukittinggi, obor melewati daerah Pekanbaru dan setelah dari Bukittinggi obor akan dibawa ke Jambi.

Sementara, dari segi pengamanan, pihak kepolisian akan menerjunkan petugas gabungan sekitar 1.000 personil yang melibatkan TNI, Satpol PP, Dishub.

[Hatta Rizal]