183 Bacaleg di Sawahlunto Belum Memenuhi Syarat KPU

"Total 14 partai politik (Parpol) yang ada telah melengkapi perbaikan semua berkas Bacalegnya"
Kantor KPU Sawahlunto (Net)

SAWAHLUNTO, KLIKPOSITIF -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Sawahlunto sudah menerima berkas perbaikan bakal calon legislatif (Bacaleg) hingga batas terakhir 31 Juli 2018 pukul 00.00 WIB kemarin.

Berkas perbaikan tersebut merupakan berkas Bacaleg yang dinyatakan belum memenuhi syarat (BMS).

Diketahui sebelumnya, total 14 partai politik (Parpol) yang ada telah melengkapi perbaikan semua berkas Bacalegnya. Partai Bulan Bintang (PBB) dan Partai Garuda dinyatakan tidak ikut Pemilu 2019 nanti di Kota Sawahlunto.

Ketua KPU Kota Sawahlunto Fadhlan Armey mengatakan dari 266 Bacaleg yang mendaftar ada 183 Bacaleg yang dinyatakan BMS dan semuanya sudah menyerahkan perbaikan.

"Semua Bacaleg sebelumnya dinyatakan BMS telah menyerahkan perbaikan. Dari catatan kami 14 Parpol tersebut terdapat Bacaleg yang BMS, bahkan ada yang seluruh Bacalegnya," katanya di Kantor KPU Kota Sawahlunto, Rabu 1 Agustus 2018.

Lebih rinci, Fadhlan menjelaskan Bacaleg yang melakukan perbaikan perdapil yakni Dapil I Barangin sebanyak 58 Bacaleg, Dapil II Talawi sebanyak 56 Bacaleg, dan Dapil III Silungkang - Lembah Segar sebanyak 69 Bacaleg.

Setelah penyerahan berkas perbaikan tersebut selanjutnya akan dilakukan verifikasi administrasi mulai tanggal 1 sampai 7 Agustus 2018 mendatang.

"Tahapan selanjutnya verifikasi administrasi terhadap semua berkas perbaikan. Ini perbaikan terakhir, jika dalam verifikasi nanti ditemukan masih ada yang belum lengkap berkasnya maka langsung dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS)," jelas dia.

Ia menambahkan, saat ini ada Parpol yang melakukan pergantian daftar Bacaleg, tetapi belum bisa merinci semua parpol yang mengganti daftar Bacalegnya sebab baru akan diverifikasi lebih lanjut.

"Ada beberapa parpol yang mengganti Bacalegnya. Alasan penggantian juga bervariasi, ada yang memang BMS (Belum Memenuhi Syarat) dan ada juga karena mengundurkan diri," pungkasnya ... Baca halaman selanjutnya