Dipolisikan Ryantori, Pihak PT Katama Suryabumi Sebut Pegang Hak Paten Konstruksi Sarang Laba-laba

"Saya perlu mengklarifikasi berdasarkan data, bahwa pak Ryantori memang betul beliau sebagai inventor (penemu, red) dan ada lagi bapak Sutjipto, sudah almarhum. Tapi, di sini pemilik patennya adalah PT. Katama Suryabumi"
Lukman Suhardi, salah satu Direktur PT Katama Suryabumi dan Agus Sutopo, Marketing PT Katama Suryabumi, melihatkan foto kopi dokumen sertifikat paten Konstruksi Sarang Laba-laba (Ist)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Pihak PT Katama Suryabumi, Jakarta, membantah tuduhan plagiat atas desain pondasi Konstruksi Sarang Laba-Laba (KSLL) oleh Direktur PT. Cipta Anugerah Indotama, Surabaya, Ryantori.

PT Katama Suryabumi pemegang paten KSSL, berdasarkan sertifikat paten dengan nomor : ID 0018808, yang diterbitkan Direktur Jenderal Hak Kekayaan Intelektual, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkum HAM), 22 Oktober 2007.

"Sudah jelas, menurut aturan, menurut undang-undang, bahwa pemegang paten itu sebagai pemilik konstruksi sarang laba-laba PT. Katama Suryabumi, berdasarkan sertifikat paten dengan nomor paten: ID 0018808," kata seorang Direktur PT. Katama Surya Bumi, Lukman Suhardi, di Padang.

BACA JUGA: Usai Melapor ke Polda, Penemu Konstruksi Sarang Laba-laba Masukan Laporan di Polres Tanah Datar

Katanya, sertifikat berjudul Invensi Perbaikan Konstruksi Sarang Laba-laba. Nama inventor (penemu, red) adalah almarhum Sutijipto dan Ryantori. Ditegaskannya, tuduhan plagiat atas penggunaan Hak Kekayaan Intelektual (Haki) atau hak cipta tanpa izin penggunaan Konstruksi Sarang Laba-laba (KSLL) adalah mengada-ngada.

"Saya perlu mengklarifikasi berdasarkan data, bahwa pak Ryantori memang betul beliau sebagai inventor (penemu, red) dan ada lagi bapak Sutjipto, sudah almarhum. Tapi, di sini pemilik patennya adalah PT. Katama Suryabumi. Kalau memang bukan kami pemilik patenya, tidak mungkin pemerintah akan mengeluarkan sertifikat paten. Mungkin ada baiknya kita sebagai negara hukum dan berdasarkan hukum, kami hanya bisa menyampaikan kalau sesuai dasar hukum kami sebagai pemilik patennya," tegasnya.

Lukman menyebut, dengan adanya persoalan ini PT. Katama Suryabumi selanjutnya segera mengklarifikasi kepada pihak-pihak yang berkaitan ... Baca halaman selanjutnya