Nagari Pematang Panjang Sijunjung Dinilai sebagai Nagari Teraman di Sumbar

"yang diberi penghargaan oleh Polres Sijunjung pada HUT Bhayangkara ke-72, pada 11 Juli 2018 lalu."
Nagari Pematang Panjang merupakan Nagari teraman dan bebas dari gangguan Kamtibmas (KLIKPOSITIF/ Muhammad Haikal)

SIJUNJUNG, KLIKPOSITIF - Tim Lomba Nagari Aman dan Bebas Gangguan Kamtibmas Polda Sumatera Barat menilai Nagari Pematang Panjang, Kecamatan Sijunjung, Kabupaten Sijunjung, Kamis (2/8).

Tim Polda Sumbar tersebut dipimpin Wakil Direktur Ditbinmas Polda Sumbar AKBP Andri Sahril beserta Kabagbin Ops Ditbinmas Polda Sumbar AKBP Nova Linda, Kasubagrenmin Ditbinmas Polda Sumbar Kompol Sulasmi, dan Kaur Ren Ditbinmas Polda Sumbar AKP Purwanto.

Nagari Pematang Panjang merupakan Nagari teraman dan bebas dari gangguan Kamtibmas yang diberi penghargaan oleh Polres Sijunjung pada HUT Bhayangkara ke-72, pada 11 Juli 2018 lalu.

Wakil Direktur Ditbinmas Polda Sumbar AKBP Andri Sahril mengatakan penilaian ini adalah verifikasi langsung mengecek ke lapangan kelengkapan yang menunjang sebuah nagari aman dan bebas gangguan kamtibmas.

Pengecekan yang dilakukan berupa pengecekan terhadap administrasi, dan dokumentasi penyelesaian masalah dan pos ronda.

"Yang kami nilai seperti kelengkapan salah satu pos ronda yang ada di Nagari Pematang Panjang yaitu pos Ronda Jorong Koto Tangah dan administrasi, dan dokumentasi penyelesaian masalah oleh FKPM Lansek Manih Nagari Pematang Panjang," katanya.

Salah seorang dari Tim Penilai Polda Sumbar AKP Purwanto menyoroti adanya ruang tahanan di Kantor Wali Nagari Pematang Panjang. Dalam ketentuannya tidak dibenarkan adanya ruang tahanan/sel di Kantor Walinagari.

"Untuk itu agar Walinagari kembali berkoordinasi dengan aparat penegak hukum dan memahami ketentuan-ketentuan, dan aturan dalam melakukan penahanan terhadap seseorang," kata Kaur Renmin Ditbinmas itu.

Sementara itu Walinagari Pematang Panjang dalam ekspos nagari menyampaikan harapannya agar Nagari Pematang Panjang diperhitungkan menjadi yang terbaik dalam menjaga keamanan dan ketertiban.

"Saya mengajak masyarakat, untuk menjaga keamanan dan ketertiban bersama, pasalnya kita sudah didatangi oleh tim ... Baca halaman selanjutnya