Kurang Lebih 500 Penggerak Teater Kampus Hadir di Padang

"Kegiatan yang akan berlangsung hingga 12 Agustus mendatang ini, beragendakan pertunjukan teater, seminar dan workshop teater."
Para Penggerak Teater Kampus dalam kegiatan Temu Teater Mahasiswa Nusantara (Temu Teman) ke 16, di UNP (KLIKPOSITIF/ Cecep Jambak)

PADANG, KLIKPOSITIF - Kota Padang kembali dicatatkan namanya dalam sejarah perkembangan teater tanah air. Tak kurang dari 500 orang penggerak teater kampus dari 20 perguruan tinggi se- Indonesia hadir di kota Bingkuang sejak Jumat 3 Agustus 2018 malam.

Mereka terdiri dari pengurus organisasi teater kampus, para sutradara, aktor, pemusik, penulis naskah, dan kru artistik yang akan terlibat dalam kegiatan Temu Teater Mahasiswa Nusantara (Temu Teman) ke 16. Kegiatan yang akan berlangsung hingga 12 Agustus mendatang ini, beragendakan pertunjukan teater, seminar dan workshop teater.

Ketua panitia, Gustin dalam sambutan pembukaan mengatakan, Temu Teman kali ini bertujuan menyatukan semangat para penggiat teater kampus se Indonesia. Semangat tersebut diharapkan dapat terwujud dalam pertunjukan yang membawakan isu dari daerah masing-masing. Acara Temu Teman tidak lepas dari visi dan misinya untuk tetap menjalin hubungan kekeluargaan antar mahasiswa penggiat seni se-Nusantara.

"Jadi untuk kawan-kawan yang datang dari berbagai pelosok nusantara dengan berbagai keresahan diharapkan bisa membawa dampak positif dan perubahan untuk daerahnya masing-masing tentang isu yang dibawakan," katanya.

Lebih lanjut, ketika ditemui usai pembukaan, Gustin memaparkan bahwa Temu Teman kali ini mengangkat tema "Matrilini", yang merupakan budaya kekerabatan khasnya Minangkabau.

"Kami mencoba untuk mengangkat tema ini agar kawan-kawan para penggerak teater se Nusantara lebih mengerti tentang bagaimana budaya matrilini tersebut. Hal ini nantinya akan tergambar pada pertunjukan randai yang menjadi salah satu agenda dalam kegiatan ini," sebutnya.

Dengan tema seperti ini, diharapkan para peserta yang datang dari berbagai provinsi dan sekaligus merepresentasi berbagai suku bangsa juga turut membawa konten kebudayaan yang khas dari daerah masing-masing. Dengan begitu, kekuatan budaya nusantara yang kaya dengan keberagamannya akan ... Baca halaman selanjutnya