Apa Kabar Perantau Minang yang Tinggal di Lombok dan Bali?

"Hingga Senin ini, tidak ada laporan Perantau Minang yang menjadi korban gempa"
Proses evakuasi di salah satu masjid yang roboh di desa Lading-lading, Kecamatan Tanjung Kab Lombok Utara. (BNPB)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatra Barat (Sumbar) terus melakukan koordinasi dengan Perantau Minang yang ada di Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Pasalnya, sejak kejadian gempa bumi berkekuatan 7 Skala Richter (SR) menguncang Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat (NTB) Minggu (5/8) sekitar pukul 19.46 WITA, belum diketahui nasib Perantau Minang yang berada di Lombok saat gempa terjadi.

"Kita tengah berkoordinasi dengan Kantor Penghubung di Jakarta untuk memastikan bagaimana kondisi Perantau Minang yang ada di Lombok Utara," ujar Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit saat dihubungi, Senin (6/8) di Padang.

Kata Nasrul Abit, untuk saat ini pihaknya tengah membicarakan terkait bantuan untuk masyarakat NTB yang terkena bencana gempa.

"Kita tengah bicarakan bantuan untuk masyarakat NTB yang terkena bencana gempa, saat ini BPBD dan Bakeuda (Badan Keuangan Daerah) tengah berkoordinasi," ulasnya.

Sementara itu, Kepala Biro Kerjasama Rantau Setdaprov Sumbar, Luhur Budianda SY mengatakan, dari informasi perantau yang berdomisili di NTB belum ada Perantau Minang yang dilaporkan menjadi korban gempa. Namun, pihaknya masih terus melakukan update data dengan berkoordinasi dengan para Perantau Sumbar disana.

"Saat ini, dari informasi awal, tidak ada Perantau Minang yang jadi korban gempa. Tapi kita akan lakukan update terus," katanya.

Disebutkannya, Perantau Minang yang berdomisili di NTB diperkirakan berjumlah 400 orang yang tersebar di Lombok Utara, Lombok Timur dan Kota Mataram.

"Di Lombok Utara jumlah perantau ada sekitar 10 orang, Lombok Timur 15 orang dan yang terbanyak berdomisili dengan jumlah 300an orang. Data itu kita dapatkan hasil koordinasi dengan Ketua Ikatan Keluarga Minang NTB, Bapak Edi Firmansyah," katanya.

Lebih lanjut kata Budi, kondisi masyarakat di Lombok masih trauma pasca gempa kemarin. Sehingga, untuk memastikan data jumlah perantau yang ... Baca halaman selanjutnya