Dari 127 Gunung Api Aktif di Indonesia, 69 Gunung dalam Pantauan

"Dari 69 gunung api yang dipantau secara terus menerus tersebut sebanyak 21 gunung berstatus diatas normal"
Ilustrasi (Net)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Indonesia dikenal berada pada jalur ring on fire atau pertemuan tiga lempeng bumi, yakni lempeng lempeng Indo-Australia, Eurasia dan lempeng pasifik.

Selain itu Indonesia juga dikenal dengan gugusan gunung berapi yang membentang di setiap pulau mulai dari Sabang sampai Merauke. Berdasarkan data yang dilansir dari Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dari 127 gunung api aktif di Indonesia, 69 gunung dipantau secara menerus 24 jam setiap hari.

Dari 69 gunung api yang dipantau secara terus menerus tersebut sebanyak 21 gunung berstatus diatas normal, yakni G. Sinabung, G. Agung, G. Merapi, G. Ili Lewotolok, G. Banda Api, G. Dempo, G. Bromo, G. Rinjani, G. Lokon, G. Soputan, G. Karangetang, G. Gamalama, G. Sangeangapi, G. Rokatenda, G. Ibu, G. Gamkonora, G. Semeru, G. Anak Krakatau, G. Marapi, G. Dukono, dan G. Kerinci.

Dari jumlah tersebut satu gunung api dalam status awas atau level IV, yaitu G. Sinabung (Sumut) sejak 2 Juni 2015. Satu gunung api status siaga atau level III, yaitu G. Agung (Bali) sejak 10 Februari 2018.

Selain itu, 19 gunung api dengan status waspada atau level II (Merapi, Marapi, Kerinci, Dempo, Krakatau, Semeru, Bromo, Rinjani, Sangeangapi, Rokatenda, Soputan, Lokon, Karangetang, Gamalama, Gamkonara, Ibu, Dukono, Lewotolok dan Banda Api).

Sisanya 48 gunung api berda pada status normal atau level I.

Kondisi Tekini Beberapa Gunung Api di Indonesia

Berdasarkan penejalasan Badan Geologi Kementerian ESDM dalam situsnya per 7 Agustur 2018, berikut kondisi gunung api di Indonesia

1. Gunungapi Sinabung (Sumatera Utara).
Kegiatan Gunungapi Sinabung Sumatera Utara yang merupakan salah satu gunungapi paling aktif di Indonesia saat ini, kegiatan erupsi masih berlangsung sejak Tahun 2013. Statusnya saat ini adalah Level IV (Awas).

Dari kemarin hingga pagi ini visual gunungapi dapat ... Baca halaman selanjutnya