SAR Temukan 4 Nelayan yang Hilang Akibat Kecelakaan Kapal

"Empat ABK tersebut adalah Niko, Dadok, Dian dan Alor"
Nelayan yang sempat hilang akibat kecelakaan kapal di Mentawai (Istimewa)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Tim gabungan SAR Mentawai berhasil menemukan 4 ABK kapal nelayan KM Arung Samudera dengan nama lambung Mama Muda 04 yang mengalami kecelakaan di perairan laut Pesisir Selatan atau sebelah Timur Mentawai pada Jumat 3 Agustus 2018 dinihari.

Empat ABK tersebut adalah Niko, Dadok, Dian dan Alor. Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas B Mentawai, Akmal mengatakan, mereka ditemukan oleh nelayan di perairan Sikakap pada Selasa 7 Agustus 2018 pagi.

"Semua ditemukan dalam kondisi selamat oleh nelayan, hanya saja ada satu orang yang harus mendapatkan perawatan intensif karena dehidrasi," katanya pada KLIKPOSITIF.

Akmal menjelaskan, empat orang tersebut merupakan bagian 7 orang ABK kapal yang karam usai mengalami kebocoran pada bagian kapal.

"Saat ini pencarian masih dilakukan untuk menemukan ABK lain yang bernama Okta, Siad dan aldo. Sementara untuk ABK yang ditemukan pagi ini, satu orang yang membutuhkan perawatan telah membaik sore ini," jelas dia.

Semua ABK yang baru ditemukan tersebut dievakuasi ke Puskesmas Sikakap, sedangkan untuk ABK yang belum ditemuka itu, kata Akmal diduga mereka bertahan di atas permukaan laut menggunakan fiber penyimpanan ikan hasil tangkapan yang berada di kapal.

"Begitu informasinya, pencarian akan dilanjutkan kembali esok hari," ujar Akmal. Untuk pencarian sendiri, pihaknya mengoperasikan sejumlah kapal milik Basarnas dan kemudian dibantu oleh KRI Kala Hitam untuk penyisiran.

Diketahui, KM Arung Samudera mengangkut sebanyak 10 orang penumpang. Mereka adalah nelayan yang kerap mencari ikan di perairan Sumbar dan Bengkulu. Kesepuluh penumpang itu ada yang bertugas sebagai nahkoda dan pekerja kapal.

Sebelum empat ABK ini ditemukan, tim SAR gabungan juga telah menemukan sebanyak 3 orang ABK lain pada Minggu 5 Agustus 2018 lalu. Tiga ABK itu yakni Devi, Aziz dan Pii. Ketiganya ditemukan di perairan Mentawai.(*)