Kebutuhan Hewan Kurban di Sumbar Capai 40.000 Ekor, Persediaan Aman

"Dinas Peternakan Sumbar memperkirakan kebutuhan hewan kurban tahun ini 40 ribu ekor lebih"
ilustrasi (net)

PADANG, KLIKPOSITIF - Kepala Bidang Keswan dan Kesmavet Prov Sumbar, M Kamil mengatakan stok sapi kurban idul adha tahun ini mencukupi. Kebutuhan hewan kurban tahun ini dari estimasi Dinas Peternakan Sumbar lebih 40 ribu ekor.

"Tahun lalu sebanyak 42.250 ekor terdiri atas sapi, kambing, dan domba. Sedangkan kurban untuk sapi saja ada sebanyak 36 ribu lebih. Tahun ini diprediksi meningkat," katanya saat dihubungi KLIKPOSITIF, Rabu, 8 Agustus 2018.

Kamil mengatakan dari pantauan ke beberapa sentral pasar ternak di Sumbar ketersediaan hewan kurban mencukupi. Seperti di Pasar ternak Muaro Paneh Solok, Pasar ternak Palangki Sijunjung dan Pasar ternak Sungai Sariek, Pariaman.

"Ketersediaan sapi jantan sangat banyak dari tiga pasar yang kami survei, begitu juga kambing dan domba," ujarnya.

Ketersediaan sapi tersebut katanya, melalui perdagangan reguler mulai dari populasi sapi dari Sumbar, kemudian ada juga yang datang dari luar Sumbar seperti daerah Kisaran Sumatera Utara, Lampung dan Jawa.

"Jadi ketersediaan sapi saat ini ada dari populasi kita di Sumbar, dan ada yang dari luar. Sapi kita pun ada yang dikirim keluar," katanya.

Saat ini Dinas Peternakan sedang melakukan pengawasan terhadap pemotongan sapi betina produktif untuk menjaga populasi.

"Kami juga mengimbau masyarakat tidak memotong hewan betina produktif demi menjaga populasi," ujarnya.

Joni Abdul Kasir