Bacaleg Tak Lulus Verifikasi, Gerindra Sumbar Bakal Gugat KPU

"Partai itu tidak memenuhi syarat keterwakilan perempuan saat penetapan Daftar Calon Sementara (DCS)"
Partai Gerindra (Dok.Klikpositif)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Partai Gerindra Sumatera Barat bakal menggugat Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sumbar terkait hasil verifikasi Bakal Calon Legislatif (Bacaleg) untuk Pemilu Legislatif 2019 mendatang, ke Badan Pengawas Pemilu (Banwaslu).

Dalam pemaparannya, KPU menyebutkan bahwa tidak ada satupun Bacaleg Gerindra yang lulus verifikasi untuk Daerah Pemilihan (Dapil) 3 Sumbar, karena partai itu tidak memenuhi syarat keterwakilan perempuan saat penetapan Daftar Calon Sementara (DCS).

Lantas terkait dengan itu, Sekretaris DPW Gerindra Sumbar Desrio Putra mengaku bahwa pihaknya sebelum verifikasi dilakukan tidak pernah mendapatkan informasi terkait kekurangan syarat tersebut.

"Pihak kami yang diwakili oleh Liason Officer (LO) tidak mendapatkan informasi terkait adanya kekurangan persyaratan. Bahkan saat dikonfirmasi, semua data sudah lengkap, memenuhi syarat dan dapat diterima," katanya.

Begitu juga saat masa perbaikan syarat, pihaknya sebut Desrio juga tidak mendapatkan informasi terkait kekurangan syarat soal keterwakilan perempuan.

"Justru Ketika penyerahan berkas perbaikan ada surat-surat yang harus diperbaiki dan langsung diganti. Soal caleg yang bersangkutan ketika itu tidak ada yang dipermasaalahkan," sebut Desrio.

Jadi dengan kondisi seperti itu, pihaknya akan mengajukan gugatan karena ia mengklaim sejauh ini Gerindra telah mendaftarkan Bacaleg sesuai dengan mekanisme dari KPU.

Diketahui sebelumnya, KPU merilis bahwa sebanyak 74 Bacaleg DPRD Sumbar tidak lulus verifikasi, sedangkan yang lulus atau memenuhi syarat sebanyak 981 orang, yang terdiri dari Bacaleg perempuan 371 orang dan Bacaleg laki-laki 610 orang.

Selain Gerindra, partai yang tidak lulus verifikasi adalah Partai Berkarya untuk Dapil 4, 5 dan 6 Sumbar. Kemudian ada pula dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI) untuk Dapil 4 dan 6 Sumbar.