Peringati HAN 2018, Bupati Agam Lepas Merpati

Bupati Agam Indra Catri dan Bunda PAUD melepas merpati
Bupati Agam Indra Catri dan Bunda PAUD melepas merpati (Andri Padrianto)

AGAM , KLIKPOSITIF -- Bupati Agam Indra Cari Dt Malako Nan Putiah dan Bunda PAUD Agam , Ny. Vita Indra Catri melepas merpati tanda dibukanya gebyar seribu anak PAUD, dalam rangka peringati Hari Anak Nasional (HAN) sekaligus HUT RI ke-73, tingkat Kabupaten Agam , di GOR Padang Baru Lubuk Basung, Senin (13/8).

Pembukaan juga dilakukan dengan pelepasan balon, yang dihadiri anggota DPRD Provinsi Sumatera Baratm Novrizon, Kepala Disdikbud Agam , Isra, guru PAUD serta ribuan wali murid.

baca juga: Jalan Alternatif Padang-Bukittinggi Via Malalak Sudah Bisa Dilewati Kendaraan

Bupati menyebutkan bahwa peringatan HAN tahun 2018 sengaja dilaksanakan sejalan dengan kegiatan HUT RI ke-73, agar dapat meningkatkan perhatian dan komitmen yang tinggi akan tumbuh kembangnya anak dimasa mendatang.

"Kita menyadari, peringatkan HAN merupakan momentum penting untuk menggugah dan meningkatkan kepedulian setiap individu, keluarga, masyarakat, dunia usaha akan pentingnya peran dan tugas dalam pemenuhan hak dan perlindungan anak," ujarnya dikutip dari AMC.

baca juga: Satgas Bencana BUMN Sumbar Salurkan Bantuan Penanganan COVID-19 kepada Pemkab Agam

Sehubungan hal itu, sesuai dengan tema peringatan HAN tahun 2018 yakni, Anak Indonesia, Anak Genius (gesit, empati berani, unggul sehat), Pemkab Agam mengapresiasi Bunda Paud dan Disdikbud yang telah bekerjasama adakan Gebyar 1.000 anak PAUD tersebut.

Melalui peringatan HAN dan HUT RI ke-73 ini, Bupati berpesan agar orang tua dan keluarga meningkatkan kegiatan membacakan buku pada anak sesuai program Gernas Baku, serta meningkatkan implementasi gerakan gemar menulis," ujarnya.

baca juga: Ini Hasil Labor 50 Warga Agam yang Lakukan Tes Swab, 14 Lainnya Masih Menunggu

Tidak hanya itu, orang tua juga diminta ciptakan kerukunan dalam keluarga, menanami perkarangan rumah dengan buah-buahan agar kebutuhan gizi anak terpenuhi.

Sementara itu, Kepala Disdikbud Agam , Isra menyebutkan bahwa kegiatan itu merupakan program kerja Himpaudi Agam yang bekerja sama dengan Disdikbud Agam .

baca juga: Ini Kondisi Terkini Longsor di Tanjung Sani Agam

"Kegiatan ini diikuti sebanyak 1.000 orang anak PAUD se Kabupaten Agam , yang nantinya akan mengikuti tiga perlombaan yakni, lomba nyanyi gernas baku, senam bebek dan fonger painting," ujarnya.

Di mana, bagi peserta yang meraih terbaik I akan diberikan penghargaan Rp.1 juta, terbaik II Rp.750 ribu, terbaik III Rp.500 ribu, harapan I Rp.300 ribu, harapan II Rp.275 ribu dan harapan III Rp.250 ribu.

Penulis: Rezka Delpiera