Fotonya Viral di Sosmed, Kakek Penjual Ikan Ini Dapat Bantuan dari Komunitas Padang

Penyerahan bantuan kepada Abah Kanun
Penyerahan bantuan kepada Abah Kanun (Istimewa)

LIMAPULUH KOTA, KLIKPOSITIF -- Berawal dari foto penjual ikan yang viral di Sosmed , Padang Koi Club (PDKC) dan Komunitas Pecinta Koi (KPK) akhirnya memberi bantuan kepada kakek penjual ikan itu.

Afdhal Budiman, salah seorang anggota PDKC mengatakan sosok yang viral di Sosmed tersebut adalah Abah Kanun , penjual ikan yang tinggal di daerah Mungo, Kabupaten Limapuluh Kota.

Kepada KLIKPOSITIF ia mengatakan, awalnya beredar foto bapak tua yang berjualan ikan di daerah Bukittinggi. Kemudian PDKC dan KPK pun mencari tahu identitas bapak tua yang diusia senja masih semangat berjuang mencari nafkah.

Baca Juga

"Setelah mendapatkan informasi tentang beliau, ternyata Abah Kanun sudah satu bulan tidak berjualan karena dalam kondisi sakit. Kami pun mencoba mengunjungi rumah beliau setelah mendapatkan informasi di media sosial," kata Afdhal Budiman.

Ia menjelaskan, Abah Kanun berasal dari keluarga yang kurang mampu. Atas dasar itu, rombongan PDKC dan KPK datang langsung ke rumah Abah Kanun sambil menyerahkan santunan kepada sosok yang dianggap berdedikasi, khususnya terkait profesinya yang menjual ikan.

"Alhamdulillah, kami dari Padang Koi Club dan Komunitas Pecinta Koi berniat tulus memberikan santunan kepada beliau. Selain uang tunai sebesar Rp6.105.500, juga diberikan sembako, kasur dan bantal, alat salat serta melakukan sedikit renovasi pada lantai dan atap tempat beliau beristirahat. Kemudian juga memberikan 50 bibit itik petelur dan membuatkan kandangnya agar beliau dapat memiliki usaha di rumahnya," ujar Afdhal.

Ia berharap santunan ini dapat bermanfaat bagi Abah Kanun terutama untuk berobat dan memenuhi kebutuhan sehari-harinya.

Afdhal menambahkan bahwa Padang Koi Club merupakan wadah tempat berkumpulnya para penghobi ikan Koi khususnya di Kota Padang .

" Padang Koi Club (PDKC) berdiri pada tanggal 28 Oktober 2017 dan sudah terdaftar resmi di bawah naungan Asosiasi Pecinta Koi Indonesia (APKI). Kegiatan kami yaitu bersilaturami dengan para penghobi ikan Koi yang ada di Padang dan rencananya kami akan mengadakan Latber atau Kontes Koi," kata salah seorang anggota PDKC tersebut.

[Ade Suhendra]

Baca Juga

Penulis: Iwan R

Video Terbaru

Kakek yang Viral Beli Obat dengan Uang Mainan Akan Segera Umrah

YouTube channel KlikPositif.com