UNBK: SMKN 2 Padang Operasikan 200 Unit Komputer

"Di sekolah itu ada 403 siswa yang melaksanakan UNBK hari ini, kurang 3 orang dari jumlah awal."
Doa menjelang UN di Aceh. (ANTARA FOTO)

KLIKPOSITIF - Satu-satunya sekolah yang menyelenggarakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) di Kota Padang, SMKN 2 Padang, mengoperasikan 200 unit komputer yang tersebar masing-masing 40 unit di 5 laboratorium.

Kepala Sekolah SMKN 2 Padang Raymon mengatakan, pelaksanaan UNBK yang dilaksanakan hari ini merupakan pertama kali dilakukan di Padang. Ia mengatakan, di sekolah itu ada 403 siswa yang melaksanakan UNBK hari ini, kurang 3 orang dari jumlah awal.

"Sebenarnya ada 406 siswa yang ujian hari ini. Kenapa jadi 403, karena 2 orang siswa/siswi sudah menikah pada November 2015 lalu, dan 1 orang lagi meninggal dunia baru-baru ini," jelasnya, Senin 4 April 2016.

Ia menyebutkan, ujian hari ini dilakukan dalam 3 sesi, dengan satu mata ujian yakni Bahasa Indonesia.

"Mulai ujian pukul 07.30 WIB, selesai pukul 09.30 WIB. Setelah habis sesi pertama, masuk lagi sesi kedua untuk siswa lainnya yang akan mengikuti UNBK," paparannya.

Dikatakannya, untuk mengantisipasi pemadaman listrik, pihak sekolah telah dibantu oleh Pemko Padang berupa 1 unit genset berkapasitas 1.000 Kwh. "Sedangkan fasilitas komputer dan wifi dibantu oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan," ujar Raymon.

Sementara itu, Ketua UN Provinsi Sumbar Nasmeri menambahkan, tahun 2016 ini ada sekitar 45 sekolah di Sumbar yang menggelar UNBK,baik ditingkat SMA/sederajat maupun SMP/sederajat.

[M. Noli Hendra]