Asman Abnur Bakal Dicopot?, PAN: Presiden Masih Butuh, Tapi

Menteri PAN-RB Asman Abnur
Menteri PAN-RB Asman Abnur (Ist)

KLIKPOSITIF -- Partai Amanat Nasional ( PAN ) menanggapi terkait adanya rencana pencopotan jabatan Menteri PAN -RB Asman Abnur dari Kabinet. PAN meyakini Presiden Joko Widodo (Jokowi) masih membutuhkan Asman.

Wakil Sekretaris Jenderal PAN Saleh Daulay melihat kinerja Asman sebagai menteri dinilai baik bahkan telah dipuji termasuk oleh Mensesneg Pratikno. Namun, ia menilai ada desakan yang diterima Jokowi untuk segera mencopot Asman sebagai menteri.

baca juga: BPS: Sensus Penduduk Online hanya Diikuti 19,05 Persen Penduduk

“Saya yakin kalau presiden Jokowi masih membutuhkan pak Asman. Tetapi mungkin karena lingkaran di sekitarnya, bisa saja beliau didesak. Mudah-mudahan keputusannya membawa kebaikan buat semua," kata Saleh kepada Suara.com jaringan KLIKPOSITIF .com, Selasa (14/8/2018).

BACA JUGA:  Imbas Politik , Menteri dari Ranah Minang Ini Bakal Dicopot?

baca juga: 'New Normal', Bagaimana Aturan Untuk Ojol?

Saleh memaparkan Asman sangat terampil dalam menjalani kewajibannya sebagai menteri. Bukan hanya baik dalam hal penataan SDM, namun Asman pun berhasil melakukan terobosan reformasi birokrasi dan hal itu sudah disampaikan langsung kepada Presiden Jokowi.

"Saya dengar, pak Asman berhasil mengefisienkan anggaran APBN dari lintas kementerian lembaga mencapai puluhan triliun rupiah. Itu sudah dilaporkan kepada presiden," ujarnya.

baca juga: Pemerintah Akan Lanjutkan Pembenahan Infrastruktur Pendidikan di Politeknik Negeri Padang dan Kampus Lainnya

Akan tetapi, Saleh memahami dengan situasi politik kekinian. Diketahui Asman merupakan menteri yang berasal dari PAN .

Kini, PAN memilih untuk berkoalisi dengan kubu oposisi dan mendukung Prabowo Subianto - Sandiaga Uno.

baca juga: Anggota DPR Minta Pemerintah Klarifikasi Penggunaan 'Klorokuin'

Ia pun menilai tidak ada yang salah apabila akhirnya Asman dicopot dari jabatannya sebagai Menteri PAN -RB.

"Presiden memiliki hak prerogatif untuk menentukan komposisi kabinet dalam menjalankan roda pemerintahan . Termasuk dalam hal ini untuk melakukan pergantian. Jadi, jika sewaktu-waktu presiden ingin melakukan pergantian, itu sah-sah saja," pungkasnya. (*)

Penulis: Eko Fajri