KPU Pastikan Dua Pasang Capres-Cawapres Lulus Tes Kesehatan

KPU menerima laporan hasil kesehatan keempatnya dari Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD), Selasa (14/8/2018).
KPU menerima laporan hasil kesehatan keempatnya dari Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD), Selasa (14/8/2018). (Suara.com/Welly Hidayat)

KLIKPOSITIF -- Komisi Pemilihan Umum memastikan kedua pasangan bakal calon presiden dan bakal calon wakil presiden, Jokowi – Maruf Amin serta Prabowo Subianto – Sandiaga Uno, lulus tes kesehatan .

Hal tersebut dipastikan setelah  KPU  menerima laporan hasil kesehatan keempatnya dari Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat ( RSPAD ).

baca juga: DPR dan Pemerintah Sepakat Pilkada Serentak Digelar 9 Desember 2020

"Hasil pemeriksaan kesehatan atas nama Joko Widodo. Pada bakal capres tuan Jokowi tidak ditemukan ketidakmampuan dalam bidang Rohani dan jasamani untuk melaksanakan tugas dan kewajiban sebagai presiden," kata  Ketua KPU Arief Budiman di gedung KPU , Jalan Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Selasa (14/8/2018), yang dikutip dari laman suara.com, media jaringan KLIKPOSITIF .com.

Hasil pemeriksaan kedua, tak ditemukan Jokowi dalam penyalahgunaan subtropika dan zat anditif lainnya.

baca juga: 2,3 Juta Data Pemilih di KPU Diretas, Ini Kata Menkominfo

"Dengan ini tuan Jokowi memenuhi syarat," ujar Arief.

Selanjutnya, bakal calon wakil presiden Maruf Amin dalam hasil tes kesehatan dinyatakan lolos sebagai persyaratan maju sebagai cawapres .

baca juga: 2,3 Juta Data Pemilih Bocor karena DIretas, Ini Kata KPU

"Saat ini tidak ditemukan ketidakmapuan di bidang rohani dan jasmani untuk melaksanakan tugas sebagai wapres, dan tidak ditemukan penggunaan subtropika dan zat anditif," ujar Arief.

Sementara itu, bakal calon presiden Prabowo Subianto dan bakal calon wakil presiden Sandiaga Salahudin Uno, lolos dalam tes kesehatan dan memenuhi syarat maju di pemilu 2019.

baca juga: Bobol Situs KPU, 200 Juta Data WNI Bakal Dibocorkan ke Pasar Gelap

Alasan kelulusan Prabowo dan Sandiaga sama seperti Jokowi dan Maruf Amin, yakni tak ditemukan gangguan jasmani maupun rohani. Prabowo dan Sandiaga juga dinyatakan tidak mengonsumsi zat-zat terlarang. (*)

Penulis: Iwan R