Pessel akan Tingkatkan Jalan Dua Jalur

"Anggaran jalan ini berjumlah Rp89 miliar bersumber dari APBN"
Bupati Pessel Hendrajoni (KLIKPOSITIF/Kiki Julnasri)

PESSEL, KLIKPOSITIF -- Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan tengah mengajukan anggaran peningkatan jalan dua jalur untuk meningkatkan kualitas jalan dan memperindah daerah Pessel.

"Peningkatan jalan dua jalur Sago-Painan kita targetkan tahun ini. Anggarannya Rp89 miliar bersumber dari APBN," sebut Bupati Pessel, Hendrajoni.

Menurutnya, dengan adanya pelebaran serta peningkatan kualitas jalan, secara otomatis lebih memperlancar transportasi dari dan menuju Pesisir Selatan.

"Ini tentu untuk memperindah kawasan Kota Painan. Progres pembangunan telah memasuki tahap perencanaan dan langsung dikerjakan Kementerian PUPR," terangnya.

Sementara itu, Kadis PUPR Pesisir Selatan, Era Sukma Munaf menjelaskan peningkatan jalan dua jalur itu dibagi dalam dua segmen. Segmen pertama, terdiri dari Salido-Sago sepanjang lima kilometer.

Kedua, ruas Bukit Putus sampai dengan Pincuran Boga, Painan yang sepanjang tiga kilometer. Untuk ruas Salido-Sago saat ini tengah dilakukan pembebasan lahan.

"Untuk ruas Salido-Sago, pemerintah daerah saat ini tengah melakukan proses pembebasan lahan. Sebab, terdapat sejumlah rumah masyarakat yang terkena proyek," ujar Era Sukma Munaf.

Sedangkan untuk ruas Bukit Putus-Pencuran Boga, lanjutnya, tidak ada pengadaan lahan, karena tidak ada penambahan lebar badan jalan.

"Untuk ini Kementerian PUPR juga tengah menunggu persetujuan dari Bank Dunia. Kita sangat mengharapkan, rencana ini sesuai target," pungkasnya.

[Kiki Julnasri]