Pemprov Sumbar Akan Bangun Monumen TdS Sebagai Ikon Pariwisata

"Saat ini sudah ada beberapa lokasi yang menjadi pilihan dibangunnya monumen TdS "
Tour de Singkarak (Klikpositif)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Hampir 10 tahun, sejak digelar pada 2007 lalu, Ivent Tour de Singkarak (TdS) telah menyumbang kemajuan dan berdampak positif bagi pariwisata Sumatera Barat. Untuk itu pemerintah provinsi Sumatera Barat (Pemprov Sumbar) berencana akan membangun monumen TdS sehingga dijadikan ikon baru pariwisata yang bisa menunjang perekonomian masyarakat.

Saat ini sudah ada beberapa lokasi yang menjadi pilihan dibangunnya monumen TdS yakni di dermaga Pasangrahan Singkarak, Sandiang Baka dengan luas sekitar 1,8 hektare dan di kebun teh Gunung Talang, serta dekat rest area Pesisir Selatan.

"Lokasi sedang kami kaji, nanti akan ditentukan tempat yang pas dan cocok dimana akan dibangun," ujar Wakil Gubernur Sumbar Nasrul Abit saat melakukan kunjungan lokasi monumen TdS ke Kabupaten Solok.

Wagub menjelaskan, lahan yang akan dijadikan tempat pembangunan harus dekat dengan pemukiman masyarakat sehingga berdampak langsung kepada perekonomian masyarakat.

"Saat ini Pemprov Sumbar dalam persiapan lahan. Untuk fisik direncanakan terealisasi pada 2020 nanti," ungkap Nasrul Abit.

Dilanjutkannya pembangunan monumen harus dilengkapi rest area. Dananya bisa dari investor dan APBD. Namun beberapa kriteria lahan, 1 hektar,

"Tadi juga ada dari masyarakat yang ingin menyumbangkan tanahnya dengan luas 1,8 ha. Namun ini masih akan kami kaji sehingga pembangunan monumen tepat," sebutnya.

Dari perkiraan, pembangunan monumen akan menghabiskan dana sekitar 20 miliar.

Sementara Plh. Kadis Pariwisata Didit P Santoso menambahkan, lokasi monumen nantinya dapat dijadikan untuk start dan finish dalam setiap penyelenggaraan TdS di Sumbar.

"Artinya ada ... Baca halaman selanjutnya