Sambut Dirgahayu RI, Kampung Lapai Padang Gelar Pawai Obor

"Pawai obor ini diringi dengan lagu-lagu kebangsaan"
Kegiatan pawai obor yang dilaksanakan pemuda Kampung Lapai, Kamis (16/08/2018) malam. (KLIKPOSITIF/Cecep Jambak)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Pemuda pemudi RW VI Kelurahan Kampung Lapai Kecamatan Nanggalo Kota Padang-Sumbar menggelar pawai obor, Kamis 16 Agustus 2018 malam. Kegiatan ini dilakukan untuk menyambut dan memeriahkan HUT ke-73 RI.

Pantauan KLIKPOSITIF, pawai yang diikuti sekitar 100 orang ini dimulai dari pos kamling setempat, dan berjalan memutari komplek.

Pawai yang juga diisi dengan nyanyian-nyanyian kebangsaan itu kemudian berjalan menuju tugu perjuangan Kota Padang, yakni Tugu Perjuangan Bagindo Aziz Chan, yang dikenal dengan Tugu Simpang Tinju.

Di Tugu Simpang Tinju, kegiatan dilanjutkan dengan pembacaan puisi oleh salah seorang pemuda. Baca puisi yang tampak penuh emosional tersebut menjadi perhatian warga sekitar dan pengendara yang melintas.

Ketua Panitia, Firdaus Vino mengatakan sengaja memilih pawai obor, karena menginginkan tampil beda dari kegiatan perayaan lainnya. Menggunakan obor juga sekaligus ikut memeriahkan kegiatan olahraga Asia yakni Asian Games yang mana Indonesia juga menjadi tuan rumah.

"Ini bentuk kami pemuda mengisi kemerdekaan dengan hal positif. Kami akan lakukan setiap tahunnya. Mudah-mudahan akan juga ditiru oleh pemuda lainnya," ujarnya.

Sementara itu, Doni, salah seorang peserta pawai menilai, pemuda merupakan salah satu penentu terciptanya kemerdekaan. 

"Dulu, para pemudalah yang berani mengambil aksi penuh resiko untuk menentukan sejarah republik ini. Kini kita hanya mengisi, tidak punya resiko. Tinggal mengisi dengan melakukan hal positif," ungkapnya.

[Cecep Jambak]