Puluhan Petani Ikuti Upacara Kemerdekan di Istana Rakyat Selaras Alam

"Para petani mengikuti upacara dengan memakai pakaian sehari-hari dan beberapa diantaranya memakai caping sehingga tampak bersahaja."
Petani upacara HUT Kemerdekaan di Istana Rakyat Selaras Alam (Hatta Rizal/KLIKPOSITIF)

AGAM, KLIKPOSITIF -- Puluhan petani mengikuti upacara detik-detik Proklamasi Indonesia di Istana Rakyat Nagari Lasi, Agam-Sumbar.

Puluhan petani ini tampak serius mengikuti HUT Kemerdekaan yang dilakukan tepat pukul 10.00 wib, Jum'at 17 Agustus 2018 dengan memukul sebuah kentongan bambu.

Tak jauh berbeda dengan upacara formal pemerintah, upacara ini juga menggunakan komandan berikut inspektur, dan tentu saja ada proses penggerekan bendera. Hanya saja, benderanya digerek dengan tiang bambu.

Para petani mengikuti upacara dengan memakai pakaian sehari-hari dan beberapa diantaranya memakai caping sehingga tampak bersahaja.

"Kita tiap tahun mengadakan upacara, sejak komunitas Selaras Alam didirikan pada 2009,"kata Ketua Komunitas Suardi Mahmud.

Dalam peringatan kemerdekaan, kata Suardi, komunitas Selaras Alam menyoroti masalah kesejahteraan petani yang menurutnya masih jauh dari standar.

"Petani kita banyak yang belum merdeka, ini yang harus dipikirkan, ketersedian pupuk maupun harga jual, belum terakomodir dengan baik,"ulasnya.

Selaras Alam merupakan komunitas yang beranggotakan petani, cendekia, dan mahasiswa yang berjumlah ratusan orang dan berasal dari wilayah Agam.

Mereka mendirikan perkumpulan ini di Jorong Paniang-paniang.

Komunitas ini juga membuat sebanyak 4 bangunan tradisional bergaya Minangkabau di sebuah lokasi di pinggiran sawah yang dikelilingi pohon-pohon pinang, lokasi ini cukup viral di kalangan warganet. Lokasi yang menjadi semacam markas ini, dinamakan Istana Rakyat.

Di samping itu, pada Pileg 2019 mendatang, ada sebanyak 9 anggota komunitas yang bakal bertarung memperebutkan kursi di DPRD Sumbar maupun Agam. Beberapa sosoknya antara lain Budayawan Asraferi Sabri dan Aktivis Donny Magek.

[Hatta Rizal]