Unik, Upacara Hut RI di Rutan Ini Gunakan Pakaian Adat Minangkabau

"Kanwil Kemenkumham Sumbar juga memusatkan Rutan Kelas ll B Padang dalam memberikan remisi pada warga binaan. Sebanyak 2. 281 warga binaan mendapatkan remisi. Sebanyak 45 orang dinyatakan bebas"
Perayaan Hut RI di Rutan Anak Aia Padang (KLIKPOSITIF/ Cecep Jambak)

PADANG, KLIKPOSITIF -- Upacara perayaan HUT RI ke 73 di Rumah Tahanan (Rutan) kelas ll B, Anak Aia Padang, 17 Agustus 2018, tampak berbeda. Para peserta upacara mengenakan pakaian adat Minangkabau.

Pantauan KLIKPOSITIF, upacara dilangsungkan di lapangan rutan. Meski cuaca terik, namun tak menyurutkan antusias dari peserta upacara. Tidak hanya peserta, inspektur upacara dan pemimpin upacara juga mengenakan pakaian adat Minang yakni memakai pakaian marapulai.

"Ini (mengenakan kostum adat, red) kebijakan nasional kemenkumham, sejak diselenggarakan ulang tahun kemenkumham yang ke 72 tahun 2017 lalu," ungkap Kepala Kantor Perwakilan KemenkumHAM Sumvar, Dwi Prasetyo.

Melihat itu, katanya memang jiwa NKRI memang sudah terbentuk di setiap daerah, dengan menyatukan kebhinekaan. "Sehingga para petugas juga mampu menghargai dan menghormati adat dimana dia bertugas. Ternyata pantas juga, artinya siapapun, dimana pun bisa menjadi warga negara yang baik," ungkapnya.

Sebelum upacara, Kanwil Kemenkumham Sumbar juga memusatkan Rutan Kelas ll B Padang dalam memberikan remisi pada warga binaan. Sebanyak 2. 281 warga binaan mendapatkan remisi. Sebanyak 45 orang dinyatakan bebas.

"Sengaja memilih Rutan Kelas ll B Padang, dengan maksud melihatkan seluruh bangunan yang telah selesai dioperasikan, sekaligus mengenalkan. Selama ini kita hanya mengenal lapas Muaro saja, sekarang sudah ada Rutan Padang, yang dikenal dengan Rutan Anak Aia. Lebih luas tempatnya, lebih baru bangunannya," ungkapnya. [Cecep Jambak]