Lahir saat Indonesia Merdeka, Nenek di Bukittinggi Ini Dapat Hadiah Sepeda

"Hadiah sepeda ini diberikan oleh Kodim 0304 Agam"
Nenek Suarni dapat hadiah sepeda dari Kodim 0304 Agam (KLIKPOSITIF/Hatta Rizal)

BUKITTINGGI,KLIKPOSITIF -- Seorang warga Pakan Kurai Bukittinggi-Sumbar bernama Suarni (73) mendapat hadiah sepeda dari Komando Distrik Militer (Kodim) 0304/Agam, Jumat 17 Agustus 2018. 

Nenek ini dapat sepeda, karena hari lahirnya bertepatan dengan Hari Kemerdekaan Indonesia, 17 Agustus 1945, yang dibuktikan lewat KTP-nya.

Hadiah sepeda itu diberikan Dandim 0304/Agam Letkol Kav Salim Kurniawan melalui Mayor Infanteri Masrijal, PLH Kepala Staf Kodim 0304/Agam. 

Bagi Suarni, keinginan mendapatkan hadiah sepeda ini sebenarnya sudah ada sejak satu tahun silam. Saat itu Suarni melihat di televisi jika Presiden Jokowi sering memberikan hadiah kepada warganya dengan satu unit sepeda.

"Lalu ditanya wartawan, nenek mau hadiah apa dari Pemerintah karena lahirnya bertepatan dengan kemerdekaan? Dengan bergurau saya jawab ingin sepeda. Tapi rupanya disikapi serius sama Dandim," ungkapnya.

Dandim Salim yang diberi tahu wartawan tentang impian Suarni, kemudian bergegas mewujudkannya saat Peringatan Hari Kemerdekaan ke-73.

"Tentu saya kaget, terimakasih sekali sudah diperhatikan. Sebelumnya saya belum pernah dikasih hadiah seperti ini," ungkapnya.

Suarni mengatakan, dari cerita yang ia dapatkan dari orangtuanya, orang-orang di kediamannya di RT 001/RW 006 Kelurahan Pakan Kurai, berteriak-teriak merdeka sesaat setelah kelahirannya, kendati dekat rumahnya banyak sekali tinggal tentara Jepang.

Saat ini, Suarni telah memiliki 6 anak, 17 cucu dan 5 cicit. Dahulunya ia merupakan pedagang air akar dan saat ini sesekali masih melayani jasa urut bagi anak dan ibu hamil.

Kendati berusia lanjut, ingatan maupun penghilangannya pun masih kuat, tiap kali membicarakan tentang Kemerdekaan, ia tampak amat bersemangat.

Sementara, Dandim Salim menyebutkan, ia hanya mewujudkan mimpi Suarni dapat sepeda dari Presiden.

[Hatta Rizal]