Aturan Makan dan Minum Unik di Dunia

"etika makan paling aneh di dunia"
Ilustrasi (Pixabay)

KLIKPOSITIF - Umumnya etika makan dan minum di dunia ini sama. Konsep table manner telah mengatur tentang tata cara dan sopan santun saat makan dan minum di meja makan. Namun, etika makan di beberapa negara ada yang berbeda. Jika salah satu etika makan di negara Anda di anggap baik, bisa jadi di negara lain dianggap tabu atau tidak sopan. Nah, agar tidak salah bersikap, yuk ketahui etika makan paling aneh di dunia yang dirangkum dari Wonderlist.

1. Dilarang menghabiskan makanan sampai bersih
Baiknya makan dihabiskan sampai bersih. Orangtua juga mengajarkan demikian. Bahkan sangat disayangkan atau mubazir bila makanan yang sudah diambil tidak dihabiskan. Tetapi, etika makan ini tidak berlaku di Cina. Orang Cina menganggap membersihkan makanan di piring menunjukkan Anda masih lapar, sehingga butuh tambahan makanan lagi, yang ditakutkan adalah tuan rumah tidak memilki persediaan makanan cukup untuk menjamu tamu. Namun, jika ke India, yang terjadi justru sebaliknya. Bila tamu tidak menghabiskan makanan sampai bersih maka dianggap tidak sopan dan boros.

2. Dilarang menancapkan sumpit di nasi
Ketika makan di Jepang, pastikan menyimpan sumpit sejajar dengan tepi meja tepat di depan Anda, di antara gigitan. Juga, aturan lain yang harus Anda patuhi adalah tidak menancapkan sumpit di atas mangkuk nasi. Di Jepang, sumpit yang diletakkan ke dalam mangkuk nasi dengan posisi tegak hanya ada dipemakaman. Jadi wajar saja bila makan di rumah orang Jepang, lalu melakukan hal ini, mereka akan tersinggung.

3. Dilarang ada bunyi dari alat makan kaca
Ketika mengatakan "Slainte" atau "Cheers", sudah pasti ada bunyi dentingan kaca, yang berasal dari gelas-gelas sebelum menikmati minuman. Namun, melakukan toss ini dilarang di Hungaria. Bukan saja dianggap kasar tapi mungkin Anda akan ditegur. Larangan itu ada kaitannya dengan politik. Pada 1848 pemerintah Austria melakukan pemberontakan di Hungaria. Ketika berhasil para ... Baca halaman selanjutnya