Pawai Alegoris HUT RI 73 Sita Perhatian Warga Bukittinggi

"Pawai alegoris diikuti oleh 200 kelompok"
Warga memadati pawai alegoris di Kota Bukittinggi (KLIKPOSITIF/Hatta Rizal)

BUKITTINGGI, KLIKPOSITIF -- Pemerintah Kota Bukittinggi menggelar Pawai Alegoris untuk memeriahkan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke 73 tahun.

Pawai yang digelar pada Senin 20 Agustus 2018 sekitar pukul 09.00 WIB hingga siang ini, di mulai dari Lapangan Kantin hingga Simpang Tembok, Kegiatan tersebut menyita perhatian warga.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Melfi Abra mengatakan, tahun ini pawai alegoris diikuti oleh 200 kelompok, yang mana satu kelompoknya diisi hingga 80 peserta.

"Itu yang tercatat saja, bisa saja lebih banyak," katanya pada KLIKPOSITIF, Senin.

Ia menjelaskan, sebanyak 200 kelompok ini umumnya terdiri dari siswa mulai dari tingkat TK hingga SMU se-Bukittinggi. Mereka berjalan kaki dengan memakai berbagai atribut seperti pakaian daerah, pakaian pejuang, kendaraan hias yang diiringi dengan puluhan marching band.

Tampak, sepanjang pawai berlangsung, masyarakat memadati pinggiran jalan yang dilalui peserta longmarch. Bahkan warga rela berpanas-panasan hanya untuk mengabadikan kegiatan itu menggunakan kamera ponselnya.

Salah seorang warga, Medi mengaku dirinya tertarik menyaksikan pawai karena memang terlaksana sekali setahun.

"Selain itu, anak saya ingin menyaksikan pawai dari dekat. Hitung-hitung ganti hiburan, karena memang terselenggara di momen-momen tertentu saja," ungkap dia.

Aparat keamananpun terlihat sibuk menertibkan para penonton yang mendesak masuk ke area jalanan. Begitupun pedagang kaki lima, tampak berjubel mengambil kesempatan emas berkumpulnya penonton dalam jumlah besar.

"Kita perkirakan, ada 20 ribuan penonton yang menyaksikan pawai alegoris ini," ujar Melfi kemudian.

[Hatta Rizal]