Sambut Idul Adha, Pemuda Indarung Bangkit Gelar Pawai Obor

()

PADANG, KLIKPOSITIF - Sebanyak 300 santri TPQ dan MDTA dari 15 masjid dan musala yang ada di Kelurahan Indarung , Kecamatan Lubuk Kilangan, Kota Padang, mengikuti pawai obor yang sigelar dalam rangka menyanbut Hari Raya Idul Adwa 1439 Hijriah, Selasa (21/8/2018) malam.

Meski suasana pawai obor berlangsung di bawah rintikan gerimis, namun semangat peserta pawai obor yang mendapat pengawalan dari aparat kepolisian itu, tidak runtuh dan meteka tampak tertib melintas di sepanjang Jalan Raya Indarung .

baca juga: Atasi Ekonomi Umat di Tengah Badai COVID-19, Jamaah Musala Al Falah Blok M Indarung Berbagi Sembako

Bahkan, selama pawai obor berlangsung, para peserta terus melantunkan takbiran dengan berjalan sepanjang 1,5 kilometer yang dimulai dari perbatasan Indarung dengan Kelurahan Padang Besi, hingga ke Tugu Panasila Simpang Indarung .

Setiba di Tugu Pancasila, para peserta Pawai Obor kemudian disambut sejumlah ulama dan ratusan masyarakat Indarung . Bahkan para peserta dan ulama, bersahut-sahutan melantunkan takbir yang iringi dengan pukulan bedug yang dilakukan secara bergantian oleh sejumlah masyarakat Indarung .

baca juga: SD 02/07 Indarung Terbakar, Akses Jalan Padang-Solok Putus Total

Koordinator Pawai Obor Dodi Putra Tanjung mengatakan, pawai ini selain digelar dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Adha , juga bertujuan untuk memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke 73. Karena suasana Idul Adha tahun 2018 ini juga berbarengan dengan HUT Kemerdekaan R1 17 Agustus

"Melalui pawai obor ini diharapkan dapat menegakkan syiar islam di Kelurahan Indarung , serta dapat meningkatkan ketaqwaan dan keimanan masyarakat, khuausnya di Kelurahan Indarung ," kata Dodi P Tanjung disela-sela Pawai Obor , Selasa.

baca juga: Goa Kelelawar, Objek Wisata Alam Tersembunyi di Kaki Bukit Indarung

Pawai obor ini mwrupakan kegiatan perdana yang diadakan oleh komunitas Indarung Bangkit dan akan rutin diadakan setiap tahun, atau malam menjelang Idul Adha . Bahkan ke depan, pawai ini akan diadakan lebih meriah lagi dibandingkan yang diadakan malam ini.

"Oleh sebab itu, kami mengajak seluruh masyarakat, khususnya pemuda Indarung untuk terus menyemaralkan Pawai Obor ini. Karena melalui kegiatan ini, kita akan menjadi lebih kompak ke depannya," ujar  Dodi.

baca juga: Ini Partisipasi Tiki dan JNE Saat Peringati Idul Adha 1440 Hijriah Lalu

Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Indarung Hendratmo, mengapresiasi komunitas Indarung Bangkit, karena melalui kegiatan in dapat meningkatkan tali silahturahmi antar masyarakat Indarung .

"Kegiatan ini juga dapat menyatukan seluruh lapisan masyarakat di Indarung . Karena selain diikui oleh anak-anak, kegiatan ini juga dimeriahkan oleh pemuda dan tokoh masyarakat Kelurahan Indarung ," kata Hendratmo.(*)

Penulis: Riki S